Dinas Pendidikan Bateng Gelar OSN SMP/MTS Tingkat Kabupaten

Oleh : Herdian Farid Effendi

KOBA, LASPELA – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTS tingkat Kabupaten tahun 2019 di Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Sabtu,(16/03/2019).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Drs Iskandar Achmad menyampaikan OSN ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan “4K” Kritis, Kreatif, Kolaboratif dan Komunikatif siswa melalui sains.

“Melalui OSN kita berharap para siswa SMP/MTS dapat melatih cara berpikir mereka karena soal yang diberikan adalah soal tingkat tinggi,”ujar Iskandar kepada Laspela.

Iskandar menambahkan ada 87 siswa dari 29 SMP/MTS se Bangka Tengah (Bateng) yang mengikuti OSN dengan tiga mata pelajaran yang diperlombakan yaitu Matematika, IPA dan IPS.

“Untuk Matematika ada 25 soal sedangkan IPA ada 50 soal sementara IPS ada 60 soal yang semuanya dikerjakan dalam waktu 120 menit dan saya berharap para siswa bisa menyelesaikan dengan baik dan mendapatkan nilai terbaik,”tuturnya.

Sementara Koordinator Pengawas SMP, Indra Susila mengatakan OSN dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang sains serta dapat mengembangkan bakat siswa dalam bidang mata pelajaran sains.

“Untuk peserta yang mengikuti OSN ini telah dilakukan pembinaan terus menerus oleh masing-masing sekolah dan yang nanti menjadi juara tingkat kabupaten akan dilakukan pembinaan terus untuk persiapan ditingkat provinsi,” tukasnya.(Adv/hfe)