Home / BANGKA BELITUNG / Dekranasda Babel Dorong Pelaku UMKM dan IKM Naik Kelas

Dekranasda Babel Dorong Pelaku UMKM dan IKM Naik Kelas

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) agar naik kelas.

“Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan dapat bersaing hingga tingkat nasional dan internasional,” kata Melati usai menghadiri kegiatan program Pengembangan Kapasitas Usaha Klasterisasi Usaha Kue dan Kuliner yang berlangsung di Hotel Sahid, Pangkalpinang, Rabu (13/3/2019).

Ia mengatakan, adapun produk IKM dan UKM Babel memiliki potensi dan peluang yang besar untuk dikembangkan, karena produk memiliki karya seni yang tinggi (untuk kriya) dan cita rasa yang khas (untuk makanan)

“Maka itu sangat dibutuhkan peranan dan sumbangsih pemerintah daerah dalam pengembangan usaha IKM dan UKM di Babel sangat tinggi karena pasar yang sangat menjanjikan, bahan baku berasal dari daerah sendiri, dan ikonik,” ujarnya.

Lanjut Melati, disamping itu, pemerintah juga memiliki beberapa program untuk mempermudah dan memfasilitasi perijinan, bantuan modal, serta pendampingan bagi para pelaku UKM dan IKM agar naik kelas sehingga produk mereka dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Dengan naik kelas itu akan mempengaruhi omzet dan produksi yang akan semakin bertambah, cakupan pemasaran meluas, dan mutu akan semakin meningkat,” jelasnya.

Namun, diakui Melati bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha, antara lain kemasan produk yang masih sederhana, belum memiliki perizinan, pembukuan dan pemasaran yang masih konvensional, permodalan terbatas dan kurangnya diversifikasi produk.

“Kita akan terus memberi pendampingan dan kemudahan agar mereka naik kelas, namun tetap menunjukkan inovasi dan kreatifitasnya untuk tampilan produk,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Elfieyena mengatakan, Pemprov Babel melalui Dinas Koperasi dan UKM Babel terus bermitra dengan instansi terkait untuk memberdayakan UKM agar naik kelas.

“Kita terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong kemajuan UKM. Dan sekarang kita harap PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan segala programnya dapat turut membantu permodalan para pelaku Usaha IKM dan UKM,” tutupnya. (Wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish