Home / BANGKA BELITUNG / Sebanyak 184 Mahasiswa UBB Ikuti Seleksi ON MIPA

Sebanyak 184 Mahasiswa UBB Ikuti Seleksi ON MIPA

PANGKALPINANG, LASPELA – Sebanyak 184 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tahun 2019 tingkat Perguruan tinggi di Kampus Terpadu UBB Gedung Darma Penelitian Fakultas Teknik Pangkalpinang.

“Kegiatan ini salah satu penyumbang prestasi mahasiswa, yang bisa membantu peningkatan akreditasi universitas,” kata Ketua Pelaksana ONMIPA 2019, Wahyu Adi dalam sambutannya, Kamis (21/2/2019).

Ia menyampaikan, kegiatan ONMIPA ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dan dibandingkan tahun 2018, tahun ini ada peningkatan jumlah peserta 10 orang menjadi 184 peserta.

Mahasiswa mengikuti seleksi yang terbagi dalam empat bidang ON-MIPA, yaitu biologi, fisika, kimia, serta matematika. Bidang biologi diikuti 87 orang, fisika 23 orang, matematika 51 orang, dan kimia 23 orang.

Pemenang dari tiap bidang akan mendapatkan pelatihan atau pendampingan dari masing-masing narasumber sebelum mengikuti seleksi tingkat regional di Lampung pada Maret 2019.

“Melalui seleksi ini nantinya akan dipilih 3 mahasiswa terbaik dari masing-masing bidang untuk mengikuti seleksi di tingkat regional pada Maret mendatang, agar bisa bersaing di tingkat nasional,” ujarnya.

Rektor UBB, M.Yusuf menambahkan, mahasiswa yang mengikuti ON MIPA 2019 dari masing-masing fakultas terdiri dari 112 mahasiswa perwakilan dari Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB), 67 mahasiswa Fakultas Teknik (FT), 3 Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan 2 mahasiswa Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Kegiatan seleksi ONMIPA tingkat Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat melahirkan juara yang mampu bersaing ditingkat regional bahkan hingga melaju ke tingkat nasional,” jelasnya.

Ia menambahkan, keberhasilan mahasiswa ditingkat regional hingga nasional, tidak lepas dari bimbingan para dosen pendamping, karena semangat mahasiswa yang luar biasa tidak akan cukup, jika tidak didampingi, diarahkan dan diberi pembekalan yang cukup, tentu akan sangat sulit bagi mahasiswa untuk mencapai target.

“Maka dari itu saya mengharapkan para pembimbing agar memberikan pembimbingan dan pelatihan secara intensif dan bersungguh-sungguh,” tutupnya. (*/Wa)

About Isromi LASPELA

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish