Home / BANGKA BELITUNG / Markus Berharap Sedekah Laot Desa Rambat Dipromosikan ke Level Nasional

Markus Berharap Sedekah Laot Desa Rambat Dipromosikan ke Level Nasional

SIMPANG TERITIP, LASPELA – Suasana Dusun Keranji Desa Rambat Kecamatan Simpang Teritip pagi ini berbeda dari biasanya. Semarak pakaian adat dan pernak – pernik lainnya menyemarakkan desa yang terletak di Kabupaten Bangka Barat ini dalam rangka merayakan acara adat Sedekah Laot di Pantai Laut Rambat, Minggu ( 1/7/2018 ) pagi.

Apalagi acara ini dihadiri Wakil Bupati Bangka Barat Markus, SH. Selain Markus, hadir pula Camat Simpang Teritip, Kabid Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno, Kepala Desa Rambat dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Rambat.

Kehadiran Wakil Bupati Bangka Barat dan rombongan disambut meriah dengan tarian ” Selamat Datang ” oleh anak – anak Dusun Keranji Desa Rambat.

IMG-20180701-WA0015

Wakil Bupati Bangka Barat Markus, SH dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan tradisi turun temurun yang diadakan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil laut serta doa kepada yang Maha Kuasa untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Dusun Keranji Desa Rambat.

” Sedekah Laot juga merupakan kekayaan budaya Dusun Keranji yang mengedapankan kearifan dalam menyikapi kehidupan sehari – hari masyarakat terkait dengan keseimbangan manusia dengan alam,” ungkap Markus.

Markus juga menekankan, event budaya Sedekah Laot yang mempunyai ciri khas tersendiri hendaknya menjadi perhatian daerah untuk dikembangkan dan dipublikasikan ke masyarakat luas, tidak hanya di Bangka Barat dan level provinsi, namun dapat dipromosikan ke level nasional.

” Sedekah Laot adalah asset budaya daerah yang harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan karena dapat menjadi salah satu wisata budaya di Kabupaten Bangka Barat. Harapan masyarakat Keranji Desa Rambat sendiri agar event budaya ini dapat dikenal di seluruh Indonesia,” pungkas Markus. ( SK )

About chamcie24

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish