Wabup Basel Ingatkan Panwascam Jangan “Main Mata” dengan Politikus

Wakil Bupati Basel, Riza Herdavid (Foto: Putra/LASPELA)

TOBOALI, LASPELA- Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid turut menghadiri acara pelantikan anggota Panwascam se-Basel untuk pemilu 2019 bertempat di Hall Room Hotel Marina, Toboali, Bangka Selatan, Kamis (9/11). Kepada para anggota Panwascam, Riza mengingatkan agar dalam menjalankan program kerjanya harus sesuai tupoksi dan aturan yang berlaku serta tak boleh ‘main mata’ dengan politisi.

“Diharapkan rekan-rekan ini bisa membuat pemilihan apapun yang bersifat politik bisa kondusif, adil sehingga pemilu baik itu Pileg maupun Pilpres di Bangka Selatan dapat berjalan sesuai dengan keinginan rakyat Bangka Selatan,” kata Riza.

Riza berpesan kepada 24 anggota Panwaslcam yang baru dilantik agar dapat bekerja sungguh-sungguh demi terwujudnya pesta demokrasi yang LUBER dan JURDIL.

“Mereka harus kerja secara profesional. Buatlah apa yang masyarakat pilih itu memang betul, yang berhak mendapatkan suara masyarakat dan rakyat harus tau apa yang mereka pilih dan apa yang mereka pilih itu tidak berubah,” ungkap Riza.

Oleh karena itu, tanggung jawab anggota Panwaslcam, lanjut Riza, sangatlah berat dan mereka harus memikul pekerjaan itu, karena ini salah satu amanah yang diemban karena untuk menciptakan pemimpin yang bersih berawal dari Panwaslu.

“Artinya tanggung jawab panwaslu ini sangat besar. Nah dengan selesainya pelantikan ini, saya berharap, panwaslu dapat bekerja dengan baik sehingga dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang sesuai dan berkualitas karena menurut saya ini harus berawal dari panwaslu dulu,” ujarnya.

Riza juga menegaskan kepada panwaslu apabila adanya temuan kecurangan atau apapun yang bersifat merugikan rakyat segera ambil tindakan tegas dengan aturan – aturan yang ada. “Kalau ada sesuatu dan panwascam tahu segera ditindak. Karena itu akan menghasilkan individu yang tidak baik, menghasilkan pemimpin yang tidak baik pula, karena di pemilu saja mereka sudah dzolim,” ucapnya.

Riza selaku orang nomor dua di Basel berharap,  dengan hadirnya panwaslu orang yang mau berbuat dzolim itu akan takut tapi dengan catatannya panwas bekerja dengan profesional sehingga dapat menghasilkan pemimpin masa depan yang terbaik yang memang sesuai harapan rakyat untuk memimpin Basel di masa mendatang.

Riza menegaskan, apabila usai dilantik dan ada niat anggota Panwascam untuk ‘main mata’ silahkan ngundurkan diri dan masih terbuka. “Artinya ini punya sanksi admintratif, moral ada dan sanksi pidana mungkin ada tergantung aturan yang ada di Panwaslu. Saya menegaskan apabila ada anggota panwascam Basel yang main-main dengan individu politikus, ketua panwas harus segera ambil tindakan sesuai aturan,” tegas Riza. (Tra)

Editor: Stefan H. Lopis