Panwaslu Bangka Tengah Lantik 18 Panwascam untuk Pemilu 2019

Foto bersama sesaat usai pelantikan, Senin 6 November 2017.

KOBA, LASPELA- Sebanyak 18 orang yang lolos seleksi menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) melakukan pengambilan sumpah janji pelantikan dan pembekalan sebagai tim Panwaslu Kabupaten Bangka Tengah di Gedung Diklat BKPSMD Bateng, Senin (06/11).

Para anggota Panwascam Bateng ini nantinya akan berkomitmen mengawal pemilihan legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang.

Ketua Panwaslu Bateng, Robianto, dalam sambutannya pada acara pelantikan menyampaikan, ucapan selamat kepada para anggota Panwascam se- Bateng yang telah dilantik. Dirinya mengingatkan kembali bahwa sumpah atau janji yang telah diucapkan mengandung makna yang sangat luas.

Untuk itu, dia meminta agar sedapat mungkin melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang telah diamanahkan ini dengan kinerja yang baik. Makanya harus ditunjang tiga hal agar dapat maksimal bekerja diantaranya integritas, soliditas dan indepedensi sehingga demokrasi dan kualitas pemilu di daerah ini akan semakin meningkat.

“Mereka yang dilantik hari ini adalah yang terbaik dan berkualitas karena melalui tangkai tes serta seleksi ketat. Selamat bekerja dan junjung tinggi kepercayaan publik karena tantangan dan rintangan di depan tidaklah mudah,”ujar mantan wartawan itu.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diwakili Firman Pardede mengatakan memberikan kepercayaan dan yakin kepada para Panwascam yang dilantik ini dan juga Bawaslu berharap agar semuanya dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi terwujudnya pemilu yang demokratis di Bateng.

“Kalau dulu tugas hanya sedikit, sekarang sudah banyak tugasnya dan kewajiban harus dikedepankan sesuai amanah undang-undang. Kami tekankan disini, Panwascam harus mencegah dulu daripada mengobati. Sekali lagi selamat buat yang sudah dilantik,”ungkapnya.

Bupati Bateng, Ibnu Saleh mengatakan Panwaslu Bateng patut diapresiasi karena melakukan pelantikan Panwascam yang pertama se-Babel. “Banyaknya tugas kedepan menjadikan tantangan bagi Panwaslu Kabupaten bersama Panwascam untuk mengawal pesta demokrasi sehingga perlu dibuat langkah-langkah agar dapat memaksimalkannya,”jelas Ibnu

Ia mengharapkan, mereka yang telah dilantik dapat bekerja secara benar dan bertugas serta harus profesional, tidak diskriminatif, hati-hati dalam bertindak dan adil. (hfe)

Editor: Stefan H. Lopis