27 Oktober 2017, DPP Gemabudhi Gelar Seminar Nasional di Babel

DPP Gemabudhi Saat Audiensi dengan Menteri Kominfo RI, Rudiantara.

PANGKALPINANG, LASPELA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gemabudhi akan menggelar seminar nasional yang bertema “Memindai Penetrasi Hoax Melalui Perisai Pancasila”. Kegiatan seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rakernas Gemabudhi 2017 yang dilaksanakan di Hotel Tanjung Pesona Bangka, Jumat (27/10/2017) mendatang. Kegiatan seminar ini rencananya akan dihadiri sekitar 1.100 orang dimulai dari jam 13.30 Wib.

Ketum DPP Gemabudhi, Bambang Patijaya mengungkapkan bahwa menggelar seminar nasional ini melihat maraknya berita hoax yang beredar di era media sosial adalah sebuah fenomena yang harus disikapi serius.

” Kami (Gemabudhi_red) menilai berita hoax ini dapat menimbulkan kegaduhan dan memicu keributan yang mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Lanjut Tokoh Pemuda Babel ini, DPP Gemabudhi ketika beraudiensi dengan Menteri Kominfo Bapak Rudiantara tanggal 31 Agustus 2017 yang lalu, menyampaikan kerisauan akan fenomena berita hoax ini yang kemudian disambut positif oleh Bapak Rudiantara.

“Bulan Agustus lalu kami beraudiensi dengan Menteri Kominfo RI dan kemudian menanggapi, sehingga sebagai keynote speaker pada seminar yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat khususnya umat Buddha disetujui oleh Bapak Rudiantara dengan syarat dilaksanakan di akar rumput. Oleh karena itu, tawaran lokasi seminar dilaksanakan di Bangka langsung disetujui oleh beliau,” tutur Bambang, sapaan akrab.

Dikatakan Bambang, Gemabudhi melihat bahwa maraknya peredaran berita hoax dapat diatasi dengan melibatkan semua stakeholder dan Pancasila tentunya sebagai landasan ideologi yang paling tepat untuk memberikan daya tangkal atas berita hoax ini.

” Oleh karena itu format seminar ini dilaksanakan dengan menampilkan beberapa pembicara dari berbagai latar belakang yang mumpuni dibidang masing-masing,” tuturnya.

Pada seminar nasional tersebut menghadirkan sebagai keynote speaker adalah Menteri Kominfo yang akan menjelaskan kebijakan pemerintah pusat dalam menangani berita hoax. Gubernur Kepulauan Babel akan berbicara dari sisi bagaimana kebijakan pemda dalam mengatasi berita hoax. Bapak Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo sebagai Dirut Indosiar akan menyajikan tinjauan tentang hoax dari mata pelaku pers. Bung Dahnil Anzar Simanjuntak selaku Ketum PP Pemuda Muhammadiyah akan mengulas bagaimana sikap aktifis kepemudaan terhadap berita hoax. Bapak Maneger Nasution sebagai Komisioner Komnas HAM akan memberikan ulasan bagaimana kebebasan mengeluarkan pendapat jangan menjadi alasan pembenaran atas berkembangnya berita hoax, Kapolda Babel Bapak Brigjen Syaiful Zachri akan memberikan ulasan tinjauan hukum atas konsekuensi peredaran berita hoax dan Ketum DPP Gemabudhi Bambang Patijaya akan memberikan paparan bagaimana seharusnya umat Buddha menyikapi berita hoax.(Ar)