Bupati Basel Canangkan Dusun Bukit Anda Menjadi Kampung KB

Foto bersama usai pencanangan kampung KB di Desa Rias.

TOBOALI, LASPELA – Dengan luas wilayah 3.607,08 Km2 dan dihuni 193.548 jiwa, Kabupaten Bangka Selatan termasuk salah satu kawasan terluas di Provinsi Bangka Belitung yang terdiri dari 8 kecamatan, 50 desa, dan 3 kelurahan.

Upaya pemerintah untuk memberikan kontribusi dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang tentunya akan berpengaruh kepada pembangunan daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan akan mencanangkan Dusun Bukit Anda, Desa Rias, Kecamatan Toboali sebagai Kampung Keluarga Bencana (KKB).

Kegiatan pencanangan KKB di dusun Bukit Anda ini dihadiri Bupati Basel, H. Justiar Noer, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Babel, Sekda Basel, Kapolres Basel dan Ketua PKK Kabupaten Basel.

Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer mengatakan, tujuan dari pencanangan kampung KB di dusun Bukit Anda, Rias ini tak lain adanya keinginan yang ingin dicapai dari program KKB ini yakni dengan memberikan kontribusi maksimal dalam melaksanakan pengendalian penduduk.

“Program KKB ini, bertujuan untuk memberikan kontribusi dan melaksanakan pengendalian laju pertumbuhan penduduk di Kab. Basel dan tentu ini sangat berpengaruh dengan kemajuan pembangunan daerah,” paparnya, Selasa (18/10) di Dusun Bukit Anda, Desa Rias, Toboali.

Menurutnya, dengan ditetapkannya Bukit Anda sebagai KKB akan bisa mendorong kelayakan hidup masyarakat disini. “Ini akan mendorong pembangunan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga,” ujarnya.

Selain itu, Justiar juga menambahkan, dengan adanya program KKB ini sangatlah dibutuhkan, karena apabila berhasil menjalankan KKB ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi juga. “Keberadaan KKB ini sangatlah diperlukan, karena keberhasilan program keluarga berencana akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra sejahtera untuk menuju yang lebih baik lagi,” tuturnya. (Tra)

Editor: Stefan H. Lopis