STIE IBEK Edukasi Mahasiswa Tingkatkan Literasi Pasar Modal  

Ketua STIE IBEK Bangka Belitung Dr. Rizal R. Manullang berfoto bersama para dosen dan mahasiswa yang diwisuda pada Kamis, 28 September 2017. (Foto: Wina/LASPELA)

PANGKALAN BARU, LASPELA- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – Institut Bisnis Ekonomi & Keuangan (STIE-IBEK) Bangka Belitung telah menunjukan komitmen dalam mendukung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk semakin meningkatkan literasi pasar modal khususnya di kalangan para mahasiswa.

Salah satu cara yang dilakukan STIE IBEK adalah dengan penandatanganan kerjasama pada akhir 2016 silam antara STIE IBEK Pangkalpinang dengan PT Indonesian Capital Market Electronic Library yang merupakan badan hukum penyelenggara dari TICMI, anak perusahaan dari PT Bursa Efek Indonesia, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

bei 3Ketua STIE IBEK Bangka Belitung Dr. Rizal R. Manullang dalam orasinya saat mewisuda 65 mahasiswa/i angkatan ke-14 tahun 2017 di Ballroom Hotel Santika Pangkalan Baru, Kamis 28 September 2017, menjelaskan, kerja sama tersebut mengatur tentang penyelenggaraan pendidikan sertifikasi profesi pasar modal di kampus STIE IBEK.

“Motivasi penyelenggaraan tersebut ialah dalam rangka menghadirkan nilai tambah hingga terbentuknya daya saing bagi setiap lulusan kampus STIE IBEK di tengah derasnya arus liberalisasi sektor keuangan dan berupaya mengikuti dinamika sistem pasar keuangan dewasa ini,” ujar Doktor Rizal Manullang.

Menurut Rizal, kerja sama ini telah membuahkan hasil dimana pada tanggal 15 Desember 2016, terdapat 20 mahasiswa STIE IBEK yang telah dinyatakan berhasil memenuhi ujian sertifikasi dimana 5 mahasiswa tersebut adalah gelombang perdana yang sekaligus diwisuda hari ini, 28 September 2017.

bei 2“Sementara 15 mahasiswa lainnya merupakan gelombang kedua karena mereka terjadwal mengikuti sidang senat akademik di tahun 2018 nanti,” pungkas Rizal Manullang.

Pantauan wartawan LASPELA, pada sidang senat terbuka ini diumumkan nama-nama yang sudah dinyatakan lulus ujian sertifikasi profesi wakil perantara pedagang efek pemasaran (WPPEP)., dilanjutkan penyerahan secara simbolis sertifikat WPPEP bagi dua mahasiswa yang berhasil mendapat gelar profesi WPPEP yakni Arie Ferrando dan Nita Fransiska. (Stef/Wina)

Editor: Stefan H. Lopis