Hari Agraria, Sekda Harap Kemudahan Sertifikasi Tanah Terus Berlanjut

Sekda Babel Yan Megawandi memberikan penghargaan Bintang Jasa dan pemberian sertifikat kepada pihak-pihak yang berhak, Senin (25/9-2017). Foto: Humaspemprov

PANGKALPINANG, LASPELA– Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Sekda Babel) Dr. H. Yan Megawandi menjadi inspektur upacara perayaan Hari Agraria Nasional (HAN) tahun 2017 di Halaman Kantor ATR/BPN Provinsi Babel, Komplek Perkantoran Terpadu Air Itam Pangkalpinang, Senin (25/9/2017).

Pada kesempatan itu, Sekda Yan Megawandi membacakan secara langsung sambutan Menteri Agraria, Dr. Sofyan A Djalil.

“Saat ini, prioritas bukti kepemilikan seperti sertifikat tanah dan penataan ruang sangat penting untuk kepentingan rakyat dan masyarakat,” kutip Yan Megawandi.

Tak hanya itu, menurut Yan Megawandi, pembangunan infrastruktur terkadang terkendala keterbatasan penyediaan tempat atau lahan.

Maka dari itu, pentingnya keutamaan reformasi agraria yang bertujuan memberikan kemudahan bagi rakyat Indonesia. “Tahun ini, Kementerian Agraria berhasil membebaskan tanah seluas 9 juta hektar yang akan digunakan untuk lahan pembangunan. Tugas kita memaksimalkan lahan tersebut untuk pembangunan,” ungkap Yan Megawandi.

Yan Megawandi berharap, dengan peringatan hari agraria ini, adanya berkelanjutan kemudahaan proses sertifikasi tanah, baik terhadap hak perorangan atau hak golongan dalam mendapatkan sertifikat tanah, tetapi sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Turut hadir dalam upcara tersebut, Walikota Pangkalpinang H.Irwansyah, para pejabat pertanahan, tokoh agama, dan elemen masyarakat serta aparat TNI dan POLRI. (ril/stf)

Editor: Stefan H. Lopis