Home / EDU-BUDAYA / Menpora Dorong Ada Hari Bersepeda Nasional
Suasana Beda Gowes Pesona Nusantara Blitar, Menpora Naik Sepeda Onthel dan Pakai Topi Demang. (Foto: Kemenpora)

Menpora Dorong Ada Hari Bersepeda Nasional

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yakin tingginya partisipasi masyarakat dalam mengikuti Gowes Pesona Nusantara bisa menjadi momen penting untuk mendorong lahirnya Hari Bersepeda Nasional.

Karena itu Imam Nahrawi  meminta pemerintahan daerah dari mulai Bupati hingga Wali Kota melahirkan kebijakan agar ada Hari Bersepeda.

Demikian disampaikan Nahrawi saat mengikuti Gowes  Pesona Nusantara di Blitar, Minggu (13/8) lalu.

“Saya mendorong untuk dilahirkan Hari Bersepeda Nasional, yang semua masyarakat di Indonesia mendukung satu hari untuk bersepeda,” kata Nahrawi.

“Dengan bersepeda dan olahraga, kita akan sehat jasmani dan rohani,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (13/8).

Keinginan Nahrawi mengadakan Hari Bersepeda bermula dari program Gowes Pesona Nusantara. Program itu bertujuan mengajak masyarakat berolahraga.

“Kami sudah mulai dari Sabang dan akan berakhir di Magelang pada 9 September yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017,” jelas dia.

Di Blitar, Gowes Pesona Nusantara dimeriahkan  oleh keikutsertaan Imam Nahrawi dengan mengendarai sepeda onthel mengenakan topi demang, diiringi Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Bupati Blitar Marhenis. Mereka memulai gowes dari Kantor Camat Kanigoro ke Halaman Kantor Bupati, diiringi 100 pesepeda onthel.

“Ini suatu pemandangan berbeda, dari beberapa daerah yang saya lalui, Gowes Pesona Nusantara kali ini yang memakai sepeda onthel, ini sangat menarik,” katanya.

Menurut Menpora, olahraga bisa menyatukan budaya, kesehatan, dan pariwisata. “Apalagi Blitar memiliki cerita dan destinasi wisata yang besar untuk Indonesia,” ujarnya. (harnas)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: