Home / BANGKA BELITUNG / Prospek Budidaya Bawang Merah di Bateng Cemerlang
Bupati Bangka Tengah, Ir. Ibnu Saleh. (foto: Herdian/LASPELA)

Prospek Budidaya Bawang Merah di Bateng Cemerlang

KOBA, LASPELA- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sedang giat mengembangkan budidaya bawang merah di daerah tersebut.

Bupati Bangka Tengah Ir. Ibnu Saleh memang optimistis Bateng ke depan bakal menjadi sentra produksi bawang merah di Bangka Belitung (Babel).

Optimisme Ibnu Saleh bukan tanpa sebab. Dalam 6 bulan terakhir ini, Bateng sudah panen bawang merah beberapa kali dengan produktifitas cukup menjanjikan.

“Pada hari Rabu, 26 Juli 2017, panen bawang merah di desa Cambai Selatan 11,3 ton per hektar dan mencapai 250 juta dalam 60 hari. Hasil yang luar biasa,”kata Ibnu Saleh, Kamis 27 Juli 2017.

Sadar akan prospek budidaya bawang merah yang cemerlang di Bateng, selain pengembangan yang telah mencapai beberapa hekatar selama ini, Ibnu juga menyebut, melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa), bawang merah juga akan dikembangkan pada desa-desa yang memiliki potensi.

“Bahkan melalui dana APBN akan dikembangkan penangkaran bawang merah seluas 2 hektar,” pungkasnya.

Ibnu berharap dengan adanya pengembangan bawang merah dapat meningkatkan produksi dan produktivitas bawang merah serta menekan inflasi di Kabupaten Bateng khususnya dan Provinsi Kep. Babel pada umumnya. (hfe)

Editor: Stefanus H. Lopis  

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: