Home / BANGKA BELITUNG / BI Babel: Normalisasi Harga Tiket Pesawat Picu Deflasi Mei 2017
Bayu Martanto, Kepala Perwakilan BI Babel. Foto: STEFANUS/LASPELA

BI Babel: Normalisasi Harga Tiket Pesawat Picu Deflasi Mei 2017

PANGKALPINANG, LASPELA- Normalisasi harga tiket angkutan udara memicu terjadinya deflasi pada bulan Mei 2017 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Pada bulan Mei 2017, Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami deflasi sebesar 0,29% (mtm) atau secara tahunan inflasi sebesar 7,64% (yoy). Hal ini disebabkan normalisasi harga tiket pesawat pasca inflasi yang tinggi di bulan April 2017,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Bayu Martanto, Selasa (6/6/2017).

Bayu Martanto menjelaskan, Kota Pangkalpinang mengalami deflasi sebesar 0,93% (mtm) setelah pada bulan April 2017 mengalami inflasi 1,02% (mtm).

Sementara Kota Tanjungpandan mengalami inflasi 0,90% (mtm), masih searah dengan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi 0,93% (mtm).

Deflasi bulan Mei 2017, diakui Bayu Martanto, disebabkan oleh kelompok administered price yang mengalami deflasi 1,31% (mtm) sehubungan normalisasi harga tiket pesawat udara setelah mengalami inflasi cukup tinggi di bulan April 2017.

“Sejalan dengan hal tersebut, kelompok inti juga mengalami deflasi pada periode laporan. Sebaliknya, kelompok volatile food mengalami inflasi sebesar 0,33% (mtm), mereda dari bulan sebelumnya yang mengalami inflasi 0,83% (mtm).

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di bulan April 2017. Pengendalian inflasi juga ditekankan untuk mengawal inflasi saat Ramadhan dan Idul Fitri,” tutup Bayu Martanto.

Sumber: Humas BI Babel
Editor   : Stefanus H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: