Home / NEWS /  Juventus Melaju ke Final Liga Champions
Juventus melangkahkan kaki ke final Liga Champions dengan mantap setelah mengalahkan AS Monaco 2-1 pada leg kedua semifinal di Stadion Juventus, Rabu (10/5/2017) dini hari WIB. Bianconeri unggul agregat 4-1 atas Monaco. AFP

 Juventus Melaju ke Final Liga Champions

JUVENTUS akhirnya memastikan satu tempat di final Liga Champions usai mengalahkan AS Monaco dengan skor 2-1 (agregat 4-1) pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Juventus, Rabu (10/5) dini hari WIB.

Juventus yang mengantongi kemenangan agregat 2-0 pada leg pertama, sukses menuntaskan babak pertama dengan keunggulan dua gol dari sontekan Mandzukic dan Dani Alves. Penyerang muda Monaco, Kylian Mbappe, mencetak satu gol pada babak kedua.

Di partai final, Juventus akan menghadapi pemenang laga antara Real Madrid melawan Atletico Madrid yang akan digelar pada besok.

Sepanjang sejarah, Juventus telah delapan kali mencapai final dengan catatan dua kali juara dan enam kali menjadi runner-up. Final yang akan digelar di Cardiff pada musim ini akan menjadi partai puncak ke sembilan kalinya untuk Juventus.

Juventus terakhir kali mencapai final Liga Champions pada 2015, namun kesempatan menjadi juara sirna setelah dikalakan Barcelona. Juventus pernah menjadi juara Liga Champions pada kompetisi tahun 1985 dan 1996.

Keberhasilan Juventus sampai di final juga menjadi kado istimewa bagi kiper Gianluigi Buffon yang bermain sebanyak 150 kali di kompetisi Eropa pada pertandingan malam ini.

Jalannya Laga

Juventus memulai laga dengan lambat, hal itu dimanfaatkan Monaco untuk menguasai jalannya pertandingan pada menit-menit awal. Penyerang Monaco, Kylian Mbappe, sempat melepaskan sepakan dari samping gawang yang membentur tiang, penyerang itu pun dianggap dalam posisi offside.

Juventus harus kehilangan Sami Khedira karena cedera pada menit 10 dan posisi gelandang asal Jerman itu digantikan Claudio Marchisio.

Juventus dan Monaco mulai meningkatkan serangan terutama dari sisi sayap. Namun Juventus berhasil unggul duluan dari gol yang disarangkan Mario Mandzukic setelah mendapatkan bola liar hasil umpan Daniel Alves yang gagal diamankan barisan pertahanan Monaco pada menit 33.

Monaco kemudian kembali melancarkan serangan melalui pergerakan Radamel Falcao dan Benjamin Mendy, namun Juventus berhasil mencuri serangan balik yang dimanfaatkan Dani Alves menjadi gol pada menit 45.

Juventus yang memulai babak kedua dengan keunggulan 2-0 mencoba menurunkan tempo permainan. Monaco pun berhasil mengambil alih serangan dengan terciptanya gol Kylian Mbappe dari umpan Moutinho pada menit 69.

Setelah gol itu, Monaco seolah memiliki semangat tambahan untuk mengejar ketertinggalan. Fabinho dan Djibril Sidibe silih berganti melepaskan umpan ke daerah pertahanan Juventus, namun tidak berbuah peluang matang.

Pada menit 73, Leonardo Bonucci diganjar kartu kuning akibat adu mulut dengan seorang pemain Monaco setelah Gonzalo Higuan terjatuh kemudian kakinya terinjak oleh pemain Monaco.

Pertandingan kembali memanas setelah Monaco beberapa kali mengancam gawang Juventus lewat aksi Radamel Falcao dan Joao Moutinho. Namun skor 2-1 untuk kemenangan Juventus bertahan hingga laga selesai.

Statistik UEFA mencatat, Monaco unggul penguasaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen. Namun Juventus memiliki serangan yang lebih membahayakan dengan mencatatkan enam sepakan ke gawang, sedangkan Monaco hanya dua.

Sumber: Antara

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: