Home / BANGKA BELITUNG / Puncak Hari Jadi Basel Digelar di Pantai Nek Aji pada 12 Maret 
Ir. Budi Setyo, Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Basel tahun 2017.

Puncak Hari Jadi Basel Digelar di Pantai Nek Aji pada 12 Maret 

TOBOALI, LASPELA- Setelah digelar di tiap-tiap Kecamatan di Bangka Selatan (Basel), kini Panitia Hari Jadi Basel ke-14 tingkat Kabupaten telah mempersiapkan berbagai rangakaian kegiatan puncak peringatan yang akan diselenggarakan pada 12 Maret nanti di Pantai Laut Nek Aji Toboali.

Ir. Budi Setyo selaku Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Basel tahun 2017 menjelaskan, berbagai kegiatan akan diadakan dalam kegiatan penutupan tersebut, salah satunya menampilkan Kearifan lokal berupa adat budaya dan produk unggulan dari masing-masing kecamatan di Basel.

“Berbagai kegiatan akan diadakan dalam kegiatan penutupan tersebut, salah satunya menampilkan Kearifan lokal berupa adat budaya dan produk unggulan dari masing-masing kecamatan di Basel,” katanya kepada LASPELA, Kamis (09/03/2017).

Menurutnya, agenda puncak peringatan hari jadi Basel ke-14 dibagi menjadi dua sesi yakni:

Sesi I dimulai jam 06.00 – 17.00 di Pantai Nek Aji dengan kegiatan yakni:

  1. Senam sehat
  2. Pameran adat budaya dan produk dari 8 Kecamatan se-Basel dengan Menghadirkan ikon budaya masing-masing kecamatan seperti Sedekah Bumi dan Ngarak Gunungan Pusaka Kampung dari Kec.Pulau Besar, Ketupat Gong dari Kec. Simpang Rimba, Teluk Serujo dari Kec. Air gegas dan lain-lainnya. Konsepnya adalah memberikan ksempatan bagi masyarakat Toboali dan sekitarnya untuk bisa mengetahui adat budaya Se Basel dalam 1 event sehingga tidak perlu lagi datang ke masing-masing kecamatan untuk melihat adat budaya tersebut
  1. Pameran/bazar UMKM.
  2. Pasar murah dengan komoditas beras lokal sebanyak 3 ton, gula dalam jumlah yang tidak terbatas dan minyak goreng dalam jumlah yang tidak terbatas, dengan selisih harga Rp.500 – Rp.1.000 dibandingkan harga dipasaran
  3. Kuliner dengan harga diskon.
  4. Pengobatan gratis utk implant kontrasepsi KB, pemeriksaan penyakit kanker servix, pemeriksaan kolesterol, gula darah , asam urat dan sunatan masal untuk 40 anak.
  5. Festival rebana di Pantai Nek Aji yang akan diadakan jam 13.00-17.00 wib
  6. Ziarah kubur dan santunan keluarga Alm. Zainuri dan Alm. Eddi Sani mantan anggota Presidium di Makam Abadi Teladan Jam 10.00-12.00 wib

Adapun sesi II dimuali jam 19.00-22.00 wib yang merupakan Malam Penutupan dan hiburan di Pantai Nek Aji dengan acara:

  1. Pemberian penghargaan bagi masyarakat yang membawa nama baik / kemajuan dalam pembangunan Bangka Selatan dan hiburan
  2. Penampilan Sanggar Tari Darma Habangka dan Sanggar Tari Tiara Selatan serta hiburan musik Dambus

Budi Setyo lalu mengajak seluruh komponen masyarakat Bangka Selatan untuk berpartisipasi dan menyaksikan serta memeriahkan kegiatan puncak peringatan hari jadi Basel ke-14 tahun 2017 yang telah menjadi agenda rutin tahunan di Kota Toboali tersebut.

Reporter: Wiwin Suseno
Editor     : Stefanus H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: