Home / BANGKA BELITUNG / Anggota PPK se Bateng Tidak Ada PNS
Ketua KPUD Bangka Tengah, Suryansyah

Anggota PPK se Bateng Tidak Ada PNS

KOBA, LASPELA — 30 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Bangka Tengah (Bateng) siap sukseskan pelaksaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bangka Belitung (Babel) tahun 2017. Kalangan penyelenggara Pilgub Babel 2017 di Bateng memiliki kombinasi warna yang indah, setelah masing-masing kecamatan memiliki keterwakilan perempuan dan tidak ada anggota yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketua KPU Bateng, Suryansyah mengungkapkan tertanggal 18 juli 2016 pihaknya telah mengumumkan nama-nama anggota PPK yang lulus dalam tahapan seleksi yang berakhir pada tanggal17 juli 2016 kemarin. 30 orang anggota PPK tersebut telah diumumkan sesuai dengan nomor pengumuman 006/KPU-BT-009.436492/VII/2016.

“Mereka yang dinyatakan lulus telah melampaui segala tahapan seleksi tes administarsi, tertulis hingga wawancara secara ketat dan transparan yang diselenggarakan pihaknya. Semua yang lulus memiliki dedikasi yang tinggi, mereka juga mengetahui banyak ilmu pengetahuan mengenai Pemilihan Umum (Pemilu), ” ujar Suryansyah kepada LASPELA, Senin (18/07/2016).

Dari 30 anggota PPK yang tersebar di enam kecamatan se Bateng tersebut, 12 diantaranya merupakan anggota lama. Masing-masing kecamatan terdapat 2 anggota wajah lama. Hal ini diyakini mampu memberikan kontribusi positif dalam menyukseskan pesta Demokrasi tahun 2017.

“kalau ada wajah lama, kami yakin pelaksanaan Pilgub Babel 2017 berakhir sukses. Mereka sudah tentu banyak pengalamannya, bisa melaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pilgub Babel dengan baik,”katanya.

‎Selain wajah lama, masing-masiing kecamatan kata Suryansyah memiliki keterwakilan perempuan. Khusus di kecamatan Koba ada dua anggota PPK perempuan, sementara lima kecamatan lainnya hanya ada satu anggota keterwakilan perempuan. Kombinasi keterwakilan perempuan dengan wajah lama dan wajah baru mewarnai kesuksesan penyelenggaraan Pilgub Babel 2017.

“Warna semakin berpelangi, karena sesuai kesepakatan antara pihak KPU, Bawaslu dan DKPP Babel bahwa anggota PPK pada penyelenggaraan Pilgub Babel 2017 tidak ada anggota yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil(PNS). Semua masyarakat sipil, dan kalangan organisasi kemasyarakatan,”katanya.

Pada kesempatan ini, Suryansyah mengucapkan selamat kepada 30 anggota PPK se Bateng yang di nyatakan lulus, silakan bekerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi). Segeralah sosialisasikan tahapan penyelenggraan Pilgub Babel 2017, tingkatkan partisipasi pemilih.

“Kepada calon anggota PPK yang dinyatakan gugur, diharapkan mencobanya kembali di kemudian hari. Masa jabatan anggota PPK hanya 8 sampai 9 bulan setiap pelaksanaan Pemilu, jadi kesempatan akan selalu terbuka lebar mengingat dalam rentan waktu dua tahun terdapat Pemilu di Bateng yakni, mulai dari Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2015, Pilgub Babel tahun 2017 lalu Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019,”ungkapnya.

Menurut Suryansyah partisipasi menjadi anggota PPK di Bateng cukup tinggi, setiap tahun peminatnya terus bertambah hingga 20 persen setiap kali Pemilu.

“Calon peserta anggota PPK tertinggi terjadi di Pilgub Babel 2017, mencapai 100 orang calon peserta,”pungkasnya. (ron).

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: