Gubernur Erzaldi Galang Bantuan untuk Palestina dan Rohingya

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengajak masyarakat untuk perduli terhadap krisis kemanusiaan di belahan dunia lain. Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan menginisiasikan kepedulian tersebut dengan penggalangan dana untuk membantu korban konflik kemanusiaan di Palestina dan Rohingnya.

Masyarakat dari seluruh penjuru Bangka Belitung beduyun-duyun berdatangan ke GOR Sahabudin, Pangkalpinang, Minggu (5/11/2017). Masyarakat Babel memyumbang sejumlah logistik dan dana untuk disalurkan untuk warga Palestina dan Rohingnya.

Salah satunya Yatno, warga dari Pangkalpinang yang terpanggil datang ke GOR untuk menyumbang sejumlah dana. Menurut Yatno kepedulian Erzaldi terhadap saudara sesama muslim patut diacungi jempol.

“Selayaknya sesama muslim kita harus saling membantu, peduli dengan yang lainnya. Bukan hanya di Indo tapi juga belahan dunia lain. Saya salut Gubernur yang berani menginisiasi ini,” tutur Yatno.

Dari konser kemanusiaan bertajuk ‘Bersatu Untuk Kemanusiaan Palestina dan Rohingya’ ini berhasil mengumpulkan dana Rp 320 juta. Selanjutnya bantuan ini akan disalurkan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

“Dana ini langsung diberikan  secara transparan kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia dan hasil penggalangan dana tersebut juga akan disalurkan langsung melalui KNRP pusat serta perwakilan Palestina membantu perjuangan rakyat negara tersebut merebut kemerdekaan,” kata Direktur SPM, Salim Assoba.

Sementara, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, berharap kepedulian masyarakat Babel terhadap saudara muslim lain tetap terjaga. Mantan Bupati Bangka Tengah dua periode ini menegaskan kepedulian sesama muslim juga bagian dari ibadah yang akan menjadi bekal iman dan amal di akhirat.

“Ini merupakan wujud nilai-nilai kemanusiaan yang nyata dan dana yg dikumpulkan akan membantu bagi mereka yang selalu dalam kesusahan. Dana tersebut digunakan untuk membeli obat obatan, selimut , biaya pangan dan biaya untuk sekolah anak anak disana dan dengan adanya konser penggalangan dana serta hiburan religi, saya harap warga Babel bisa meningkatkan solidaritas masyarakat Bangka Belitung melalui simpatisan sebagai manusia yang beriman dan peduli untuk orang lain,” tegas Erzaldi.

Penggalangan dana ini dimeriahkan dengan konser religi yang diisi penyanyi nasional Opick dan Melly Goeslaw. Lantunan lagu religi mengiringi kedermawanan masyarakat Babel.

“Saya sangat berterimaksih kepada Pemprov Babel serta masyarakat babel yang dermawan dan mau peduli terhadap kemanusiaan terutama saudara Islam kita di palestina dan rakyat rohingya,” pungkas Opick menutup acara Penggalangan Dana Kemanusiaan Palestina dan Rohingnya tersebut.(*)