Kembali Turun Langsung Pantau Pasar Pagi, Pj Wali Kota Pangkalpinang Ungkapkan Sejumlah Hal Ini

Pj Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama saat memantau Pasar Pagi, pada Jumat sore (30/8/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama kembali melakukan pemantauan ke Pasar Pagi, Jumat (30/8/2024).

Selain melakukan pemantauan ini, pada kesempatan tersebut dilakukan pembersihan Pasar Pagi yang semrawut.

“Kita sudah dua kali kesini, pertama kita ambil kebijakan untuk bersih-bersih dan jatuh di tanggal 30 ini, Insha Allah dalam waktu dekat proposal mereka terkait pengadaan payung untuk jualan ke Bank Sumsel, nah ini kita bersihkan dulu nanti ada meja kaso yang dari mereka sendiri,” katanya, Jumat (30/8/2024).

Direncanakan bagian depan Pasar Pagi akan dibuat pondok sehingga semua pondok jualan di Pasar Pagi akan rapih dan sama rata.

“Ada salah satu lapak yang telah dia buat dan itu rapih, sehingga nyaman dilihat dan pembeli juga enak, jangan pakai terpal atapnya. Sehingga sama rata besar kecilnya,” ujarnya.

Pada prinsipnya, pihak Pemkot Pangkalpinang menginginkan Pasar Pagi rapih, bersih dan kedepan perbaikan jalan sebesar Rp200 juta dan pihaknya akan mentelaah terlebih dahulu.

“Sesuai dengan Perwakonya, karena ini sudah meresahkan masyarakat, karena becek dan setiap pagi kalau dibersihkan, nyirem nyuci itu airnya meluap, jadi memang pedagangnya kalau pagi-pagi itu meletakan batu di lubang-lubang yang becek itu untuk pijakan,” tuturnya.

Untuk pedagang yang didepan, secara bertahap pihaknya merencanakan untuk meletakan para pedagang yang berjualan bahan pokok kering akan diletakan di gedung pasar bagian atas.

“Mereka akan masuk kedalam, nah nanti kan yang didalam akan berubah dan total jika full pedagang di gedung itu totalnya sekitar 807 pedagang. Sehingga jika para pedagang naik ke atas maka Parkir tidak akan semerawut lagi,” tuturnya.

Sehingga pembenahan Pasar Pagi ini dilakukan secara perlahan, namun Budi menegaskan untuk target terdekat ia menginginkan Pasar Pagi bersih, rapih dan nyaman.

“Dengan nyaman, rapih dan bersih otomatis akan menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) termasuk juga parkirnya bertambah dan tidak menutup kemungkinan kalau sudah rapih dan nyaman Pasar kemungkinan akan buka juga disore hari,” ujarnya. (dnd)