Jelang Iduladha, Stok Sapi Kurban Mulai Didatangkan

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketersediaan sapi menjelang Iduladha sudah mulai didatangkan dari luar daerah agar dapat memenuhi kebutuhan sapi di Kota Pangkalpinang.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Zunaria, menyebutkan sapi-sapi dari luar daerah ini mulai masuk setiap harinya yang diangkut menggunakan kapal atau truk-truk. Ia melihat kondisi kesehatan sapi terbilang aman walaupun masih ditemukan beberapa penyakit pada sapi yang baru datang.

“Meskipun jumlah yang ada di kandang saat ini masih kurang dari kebutuhan masyarakat, namun melihat sapi yang setiap hari datang kemungkinan stok saat Iduladha juga aman,” katanya.

Trend kebutuhan masyarakat terkait sapi kurban ini, diprediksi tidak meningkat atau tidak turun terlalu signifikan.

“Dari tahun ke tahun kami memprediksi jika permintaan menurun, namun ternyata tidak juga masyarakat antusias membeli sapi kurban, sehingga kemungkinan untuk tahun ini jika terjadi kenaikan tidak terlalu naik signifikan dan jika turun pun tidak turun secara signifikan juga,” ujarnya.

Sementara tahun kemarin Kota Pangkalpinang menyediakan 2.500 ekor sapi kurban yang diperuntukkan untuk seluruh Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

“Pangkalpinang sendiri kebutuhannya sekitar seribu lebih, sementara sisanya dikirimkan ke kabupaten lain,” ulasnya.

Hingga saat ini pun sudah banyak masyarakat yang mulai mencari sapi kurban, baik dari pihak masjid maupun dari kabupaten lain. “Saya harap sapi kurban ini mempunyai kualitas bagus serta kondisi kesehatan baik, sehingga masyarakat dapat menikmati kualitas daging sapi yang juga baik,” tutupnya. (dnd)