KPU Bangka Mulai Rekapitulasi Perolehan Suara, Sinarto Jamin Tak Ada Perubahan Hasil

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Bangka, di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Kamis (29/02/2024).

Rencananya, rapat pleno terbuka itu akan digelar selama tiga hari, yakni sejak 29 Februari hingga 2 Maret 2024.

Ketua KPU Bangka, Sinarto mengatakan, rekapitulasi ini dilakukan setelah seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) rampung melakukan perhitungan suara di wilayahnya.

“Intinya, hari ini kita akan merekap kembali hasil yang sudah direkap oleh delapan PPK se-kabupaten Bangka,” kata Sinarto.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa dalam proses rekapitulasi tingkat kabupaten ini tidak ada perubahan hasil dari sebelumnya dilakukan oleh PPK.

“Kami (KPU Bangka) menjamin apa yang sudah kawan-kawan PPK yang sudah melalui persetujuan dari saksi dan semua yang hadir dalam proses rekap tersebut akan kami tetapkan, dan tidak akan berbeda dengan kawan-kawan (PPK) di bawah,” tegasnya.

Pihaknya juga mengakui dalam pelaksanaan Pemilu 2024 menemukan sejumlah kendala di lapangan. Kendati demikian, hal tersebut bisa langsung diatasi sehingga Pemilu dapat berjalan dengan lancar.

“Ini berkat dukungan semua pihak sehingga pada hari ini kita akan melakukan penghitungan kembali, yang mana penghitungan sebelumnya sudah dilakukan di tingkat kecamatan,” tukasnya.

Ia juga mengapresiasikan semua pihak atas dukungan dan kinerja sejumlah instansi yang turut mendukung dan mengawasi jalannya Pemilu.

Sebelum dimulai, para partai politik dan semua saksi dari masing-masing parpol untuk menyepakati tata tertib rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan secara terbuka. (mah)