Antisipasi Harga Bapok Meroket Jelang Bulan Puasa, Sekda dan Forkopimda Basel Pantau Harga di Pasar Toboali

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pwmkab) Bangka Selatan (Basel) bersama Forkopimda melakukan pengecekan pasokan bahan pokok (bapok) penting di pasar Terminal Toboali guna mengantisipasi meroketnya harga pangan jelang puasa ramadan yang ada di daerah itu, Rabu (28/2/2024).

“Kami memantau langsung beberapa kebutuhan pokok masyarakat menyusul tingginya harga pangan di tingkat pedagang yang terjadi sejak sepekan terakhir,” kata PJ Sekda Pemkab Basel Haris Setiawan.

Menurut Haris, berdasarkan hasil pengecekan itu, memastikan untuk persediaan barang hingga pasokan barang dan stok bahan kebutuhan pokok masyarakat terbilang masih aman dan mencukupi.

“Untuk kebutuhan bahan pokok aman. Tapi untuk harga beras premium mengalami kenaikan dari harga awal Rp15 ribu per kilogram kini mencapai Rp18 ribu per kilogram. Dan, ada juga beberapa komoditas pangan lainnya yang mengalami kenaikan seperti telur ayam, gula pasir, cabai rawit dan cabai keriting,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya mengintervensi harga bahan pokok agar tidak merokek tajam saat memasuki bulan suci ramadhan dengan cara menggelar operasi pasar murah secara rutin.

“Operasi pasar murah dirasa cukup efektif untuk menekan harga agar tidak terus merangkak naik. Kalau bisa operasi pasar murah ini diadakan secara rutin seminggu sekali atau dua minggu sekali. Dengan harapan Pemda dalam hal ini dapat membantu kebutuhan masyarakat karena harga yang dijual terbilang murah dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” pungkasnya. (pra)