PPK Jebus Selesai Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

BANGKA BARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar) masih melakukan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu serentak tahun 2024, tingkat Kecamatan. Dari 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), baru 1 Kecamatan yang selesai.

“Pleno rekapitulasi di tingkat Kecamatan ini sedang berjalan. Dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Jebus alhamdulillah sudah menyelesaikan dalam waktu 3 hari. Ada 11 Desa di Jebus,” kata Anggota KPU Babar, Henny Afriana, Senin (19/2/2024) siang.

Diketahui dari 9 Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Mentok, PPK telah menyelesaikan rekapitulasi 5 Kelurahan/Desa, sedangkan 4 sisanya masih berlangsung. Kemudian dari 14 Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Kelapa, PPK baru menyelesaikan 4 Kelurahan/Desa, sedangkan 10 masih proses rekapitulasi.

“Kecamatan Kelapa ini, baru dimulai kemarin tanggal 18, yang sudah terselesaikan ada 4 Desa yakni, Pangkal Beras, Desa Dendang, Tugang dan Tuik,” ujarnya.

Selanjutnya, dari 13 Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Simpang Teritip, 6 Kelurahan/Desa telah selesai direkapitulasi. Dan di Parittiga, telah selesai 6 dari 10 Kelurahan/Desa. Terakhir PPK Tempilang, telah menyelesaikan 4 dari 9 Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan tersebut.

“Setelah selesai ditingkat Kecamatan, selanjutnya pergeseran kotak dari masing-masing Kecamatan kembali ke gudang, untuk dilanjutkan pleno ditingkat Kabupaten,” katanya.

Henny menyampaikan, sesuai PKPU 5 Tahun 2024 untuk rentan waktu, pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan, mulai dari tanggal 15 Februari hingga 2 Maret 2024. (oka)