Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu di 2 Kecamatan Terluar di Basel Sudah Rampung di KPU

 

TOBOALI, LASPELA – Proses Pleno Rekapitulasi PPK tingkat Kecamatan Kepulauan Pongok berhasil menyelesaikan Pleno Rekapitulasi pada Sabtu (17/2/2024) pukul 01.30 Wib.

Pergeseran rekapitulasi pleno PPK dari pelabuhan Desa Pongok pukul 10.30 Wib dan tiba di pelabuhan Sadai pukul 13.30 Wib dengan pengawalan dari personel pengamanan laut berjalan aman dan lancar.

Begitu juga wilayah Kecamatan Lepar, hasil rekapitulasi Pleno pada Sabtu sekira pukul 03.30 Wib dan diberangkatkan melalui pelabuhan Penutuk ke Pelabuhan Sadai pada pukul 14.45 wib tiba pada pukul 15.20 Wib tanpa kendala.

Pergeseran hasil rekapitulasi tingkat PPK itu digeser ke KPUD Bangka Selatan dengan pengawalan khusus lewat jalur darat oleh personel Polres Bangka Selatan.

Sesampai di KPUD, hasil rekapitulasi itu juga disimpan dan dijaga ketat oleh personel Polres Bangka Selatan dan juga petugas KPU serta Bawaslu.

Kapolsek Lepar Pongok, Ipda Ali Akbar mengatakan proses dimulai dari 11 Februari 2024 ditandai dengan distribusi logistik ke PPS yang dilanjutkan dengan pengamanan puncak pada hari H pencoblosan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 hingga melewati Pleno Rekapitulasi tingkat Kecamatan.

“Untuk selanjutnya semua bentuk dokumen negara berupa berkas berkas, hari ini sudah kita kirim ke KPUD Kabupaten Bangka Selatan,” kata Ali, Sabtu malam.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pengamanan oleh Polsek Lepar Pongok juga bekerja sama dengan TNI dan Pol PP serta seluruh stakeholder yang terlibat.

“Dari segi karakter geografis tentunya pelaksanaan pengaman harus memperhatikan secara ekstra mengingat keberadaan TPS berada di pulau  kecil, kondisi ini tidak terlepas dari faktor cuaca seperti, hujan, angin, gelombang tinggi bahkan badai yang harus diaqntisipasi dan diwaspadai,” sebutnya.

Terpisah, Kapolres Bangka Selatan AKBP Trihanto Nugroho mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas kelancaran pergeseran hasil rekapitulasi pleno tingkat PPK di Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepar Pongok.

“Tentunya atas kegigihan dan keuletan pantang menyerah dari berbagai kesiapan dan kerja sama antar stakeholder Kecamatan Lepar dan Kecamatan Kepulauan Pongok Camat, Danramil, Ketua PPK, PPS, para Kades, Ketua Pamwascam, Kepala Puskesmas serta para tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat sebab dengan itu maka seluruh proses dapat terlaksana dengan lancar dan aman,” ucap Trihanto. (pra)