Evaluasi Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Sinarto: Lebih pada Penyelesaian Masalah

SUNGAILIAT, LASPELA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka mencatat beberapa permasalahan dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar Minggu (24/12/2023) kemarin.

Namun demikian, Ketua KPU Bangka, Sinarto mengatakan, dalam proses simulasi tersebut lebih difokuskan pada estimasi waktu dan penyelesaian masalah.

“Intinya dalam acara simulasi kemarin masih ditemui beberapa kekurangan, ini sifatnya simulasi kalaupun ada kekurangan itu sebagai proses pembelajaran bagi kawan-kawan PPS yang nanti akan melakukan Bimtek kepada KPPS di wilayahnya masing-masing,” katanya, Selasa (26/12/2023).

Dari beberapa permasalahan tersebut, pihaknya mencontohkan adanya anggota partai politik yang mencoblos menggunakan atribut partai.

“Nah disitulah kawan-kawan (PPS) belajar cara menyikapinya dan bagaimana perlakuannya nanti kalau sudah di hari H pelaksanaan pemungutan suara. Kalau tidak ada contoh kasus nanti tidak tahu proses penyelesaian seperti apa,” bebernya.

Dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut melibatkan 245 orang mulai dari PPS, PPK, awak media, perwakilan partai politik, KPPS dan PAM TPS serta dari KPU Bangka sendiri. (mah)