Gotong Royong Bersama Masyarakat, Lusje Ingin Pangkalpinang Bersih

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan bersama masyarakat gotong dan Forum Pembauran Kebangsaan Kota Pangkalpinang melaksanakan gotong royong  di Jalan Zamrud RT.01 Kelurahan Pasir Putih (Belakang SDN 41 Pasir Putih), Jumat (24/11/2023).

“Alhamdulillah hari ini kita bersilaturahmi sekaligus kita gotong royong bersama serta kita ingin Kota Pangkalpinang itu bersih tanpa ada kotoran, kalau sepanjang jalan utama memang tidak ada, tapi pas masuk ke jalanan kecil, masih ditemukan tempat pembuangan sampah yang seharusnya tidak ada,” tuturnya.

Pihaknya ingin memetakan tempat-tempat pembuangan sampah sementara yang tidak resmi, dibersihkan lalu langkah selanjutnya baru memutuskan seperti apa supaya masyarakat tidak buang sampah di lokasi tersebut.

Pemkot Pangkalpinang telah melakukan beberapa langkah sebelumnya, dan terus mencari solusi yang tepat untuk pembuangan sesuai dengan hasil diskusi.

“Kita akan menilai kelurahan itu yang mana yang bersih kami akan mulai nilai itu di tanggal 1 sampai 7 Desember akan keliling dan dipantau dari inspektorat,” katanya.

Sebenarnya,  Pemkot Pangkalpinang  telah melakukan beberapa solusi, salah satunya yaitu menghimbau kesadaran masyarakatnya sendiri.

“Cuma memang pemerintah juga harus siapkan fasilitas-fasilitas pembuangannya, karena kalau menegur tanpa memberikan solusi itu kurang tepat, sehingga kita akan cari solusi teknologi apa yang tepat untuk mengelola daur ulang sampah,” tuturnya. (dnd)