Pengguna Jasa ASDP Tanjung Kalian Alami Peningkatan Dibanding Nataru Tahun Lalu

MUNTOK, LASPELA –  Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat pengguna jasa terhitung sejak tanggal 17-23 Desember 2022 mengalami peningkatan dibanding libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) sebelumnya.

Demikian disampaikan GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christoper Samosir, jumlah penumpang yang telah menyeberang saat ini sebanyak 9.796 orang, peningkatan lumayan besar dibanding tahun 2021 yang berjumlah 6.989 orang.

“Penumpang ataupun kendaraan terjadi lonjakan di tahun ini, kalau dari data dibandingkan dari tahun 2021 mengalami peningkatan di jumlah penumpang pejalan kaki itu sebesar 40 persen,” ungkap Christopher di Muntok, Sabtu (24/12/2022).

Kemudian untuk kendaraan disampaikan Christoper juga mengalami kenaikan, mulai dari kendaraan roda dua, minibus dan truk sudah sebanyak 2.313 unit, sedangkan tahun 2021 berjumlah 2.007 unit kendaraan yang menyeberang.

“Ini data dari tanggal 17 hingga 23 Desember, lonjakan kami prediksi kemarin dan sekarang, tapi kemungkinan kalau dari data lonjakan terjadi hari kemarin, hari ini masih padat juga, tapi puncaknya kemarin,” jelasnya.

Christoper mengungkapkan untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut, pihaknya menyiapkan 14 armada kapal dan hingga kemarin sudah melakukan penyebrangan sebanyak 62 trip.

“Armada kami ada 14 unit, tapi memang berbeda dari tahun kemarin itu beberapa kapal ukuran lebih besar mengganti kapal yang ukuran lebih kecil,” ungkapnya.

Sementara itu, pantauan dilapangan masih terlihat puluhan mobil memadati area parkir didalam kawasan pelabuhan dan juga di Buffer Zone, namun tidak mengular dijalan raya. (Oka)