Resmi Dibuka Perpusda Babar Miliki 26 Ribu Koleksi Buku

MUNTOK, LASPELA – Bangunan megah Perpustakaan Daerah (Perpusda) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), yang dibangun menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 10 miliar resmi dibuka dan saat ini memiliki sebanyak 26.000 buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, Farouk Yohansyah, mengatakan selain koleksi buku, terdapat juga beberapa fasilitas lainnya seperti ruang baca, ruang pertemuan, ruang workshop atau ruang pameran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ada 26 ribu buku, tapi kami juga meminjamkan di berbagai perpusatakaan desa, sekolah dan komunitas, seperti ada juga di lapas dan panti asuhan,” kata Farouk di Muntok, Selasa (15/11/2022).

“Dan untuk naskah kuno, kami baru dapat 13, lalu arsip sejarah sedang mengurus juga jadi baru dapat 20 set,” ujarnya.

Namun, Farouk Yohansyah menyampaikan koleksi buku ilmiah di perpustakaan daerah ini masih terbatas lantaran dalam tahapan proses pengolahan.

“Ya, (buku) ilmiah, kami satu bulan ini baru bekerjasama dengan Polman, UBB, UnMuh, Pertiba, jurnal-jurnal disana untuk dihibahkan kesini. Cuma belum dapat ditampilkan karena masih pengolahan, kalau koleksi buku ilmiah jumlahnya tidak sampai 1000 buku,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Babar, Sukirman, menyampaikan berdirinya bangunan megah itu dapat berdiri tidak terlepas dari Bupati dan Wakil Bupati sebelum mereka.

“Ini juga tidak terlepas dari pendahulu kami bapak Parhan Ali dan Markus, sehingga ada tempat ini ditengah-tengah masyarajat. Tapi penyelesaian diera Sukirman dan Bong Ming Ming,” tandasnya.

“Kami berharap dengan asanya perpusda ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambah ilmu, dengan membaca buku-buku yang ada disini,” pungkasnya. (Oka)