Sebanyak 258 Calon Jemaah Haji Asal Babel Diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat ( Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin melepaskan keberangkatan sebanyak 258 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Babel berangkat ke tanah suci Makkah. Pelepasan berlangsung di Gedung Serba Guna Asrama Haji, Selasa (28/06/22).

“Sebuah karunia Allah SWT yang begitu besar, di mana pemerintah Arab Saudi tahun ini memberikan kuota bagi masyarakat Indonesia, karena sudah dua tahun tidak bisa berhaji akibat Covid-19. Berkah ini harus kita syukuri walaupun kuota yang diberikan belum 100 persen,” ujarnya.

Dia mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya, sehingga kegiatan pemberangkatan jemaah haji tahun 2022 ini dapat dilaksanakan dalam keadaan tertib, lancar, dan aman melalui Embarkasi Antara dan Debarkasi Antara. Kegiatan ini untuk pertama kali diterapkan di Babel.

“Alhamdulillah hari ini kita melepaskan 285 JCH dan 2 orang Pendamping Haji Daerah (PHD), yang mana menurut dokter semua sehat dan layak terbang,” ujarnya.

Ridwan berpesan supaya para calon jemaah haji Babel selama di tanah suci dapat menghindari pikiran, perasaan, dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah haji.

“Memenuhi panggilah Allah ini tentunya menjadi kesempatan yang langka, boleh jadi hanya sekali seumur hidup. Untuk itu, kesempatan ini harus diisi dengan meningkatkan kualitas ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunah,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau untuk tetap berada dalam kelompok, serta yang lebih muda membantu yang tua dan tidak terlalu banyak jalan-jalan dan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kegiatan.

“Jangan lupa pakai masker, karena Pandemi COVID-19 masih ada, dan mudah-mudahan semua sehat dan pulang dengan sehat dan menjadi haji mabrur,” ucapnya.

Dia mengatakan, keberangkatan kloter 4 gelombang 2 ini dari Embarkasi Haji Antara Babel ke Embarkasi Palembang selanjutnya untuk berangkat ke Arab Saudi.

“Ratusan JCH yang telah mengenakan pakaian ihram haji yang akan diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang untuk istirahat sejenak, kemudian melanjutkan penerbang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlane,” jelasnya.

Ridwan juga menitipkan doa kepada JCH agar diberikan kesehatan lahir batin agar dapat melaksanakan ibadah haji sebaik mungkin.

“Tetap pakai masker, tetap jaga kesehatan, banyak makan buah-buahan, banyak minum, dan setelah sholat subuh olahraga ringan, karena hal ini dilakukan mengingat kondisi dunia sedang tidak normal,” tutupnya. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: