Pemkot Pangkalpinang Raih IGA 2021, Tahun Depan Target Masuk 10 Besar

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang berhasil meraih penghargaan Inovatif Goverment Awards (IGA) tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri). Kota Pangkalpinang berhasil meraih peringkat ke-15 dari 93 Kota di seluruh Indonesia.

Hal ini diungkapkan Belly Jawari selaku Kepala Bappeda Litbang Kota Pangkalpinang. “Kota Pangkalpinang berhasil meraih peringkat ke-15, dan ini merupakan pencapaian luar biasa karena kita berhasil naik peringkat dari sebelumnya kita berada di peringkat 35,” ujarnya, Selasa (4/1/2022).

IGA sendiri merupakan upaya untuk melihat perkembangan inovasi yang ada di daerah-daerah terkait pelayanan publik, dan Pangkalpinang berhasil menurunkan 25 inovasi yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Pangkalpinang.

Pangkalpinang berhasil meraih IGA dengan kategori Inovatif dari tiga kategori yaitu Sangat Inovatif, Inovatif, Kurang Inovatif dan tidak dapat dinilai. “Kita berhasil menurunkan 25 inovasi dari OPD-OPD kita, dari sektor keuangan daerah, kesehatan, dan lainnya,” katanya.

Tahun depan, Belly menargetkan Pangkalpinang meraih peringkat 10 besar dan akan menurunkan 50 inovasi. “Target ke depan kita akan masuk 10 besar. Kita optimis meraih ini, karena peringkat kita ini ternyata masih banyak kota-kota besar lainnya yang di bawah kita, seperti Tangerang Selatan, Depok, Pelambang, Balikpapan, Banjarmasin,” ujarnya

“Untuk itu kami akan menggelar rapat seluruh OPD untuk memetakan kembali inovasi di Kota Pangkalpinang terkait pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan lain sebagainya,” ujarnya. (dnd)