Dilibas 4-2, Timnas Indonesia Kuburkan Mimpi Singapura ke Final AFF 2020


Oleh: Nopranda Putra



PANGKALPINANG, LASPELA– Timnas Indonesia berhasil mengunci tiket ke final piala AFF 2020 setelah menguburkan mimpi tuan rumah Singapura di leg kedua Semifinal pada Sabtu, 25 Desember 2021 pukul 19.30 Wib.

Singapura yang sempat diunggulkan sebagai juara harus bertunduk lesu dihadapan para fans di The National Stadium Singapura.

Jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia berlangsung sengit dan menegangkan setelah jual beli serangan ditunjukkan antara anak asuh Shin Tae Yong dengan tim Singapura besutan T Yoshida.

Pertandingan baru berjalan 11 menit, Walian penyerang timnas bernomor punggung 7 itu berhasil menggetarkan jaring Singapura yang digawangi Sunny dan timnas pun unggul 1-0.

Tak berselang lama, sebelum pluit panjang ditiupkan wasit Kassem Matar Elhatmy, kesebelasan Singapura berhasil menyamakan kedudukan di menit 45′ pertambahan waktu melalui sontekan kaki kanan Song Ui Young.

Tak hanya itu, pertandingan di paruh pertama juga diwarnai aksi pelanggaran yang dilakukan bek Singapura, S Baharudin yang memaksa hakim lapangan menghadiahi kartu merah, setelah sebelumnya bek bernomor punggung 21 itu mendapat kartu kuning pertama.

Memasuki babak kedua, Singapura yang hanya bermain 10 pemain itu harus merelakan Irfan Fandi yang mendapatkan kartu merah di menit 67. Setelah 7 menit bek nomor punggung 17 itu diusir dari lapangan hijau, tim Singapura berhasil mencuri poin melalui Shahdan Sulaiman melalui tendangan bebas di luar kotak penalti Argawinata, penjaga gawang timnas itupun dipaksakan memutik bola dari jaring gawangnya dan skor pun berbalik, Singapura unggul 2-1.

Sempat unggul 13 menit, Singapura digempur habis timnas setelah Singapura bermain dengan 9 orang. Serangan demi serangan timnas membuahkan hasil di menit 87 setelah Pratama Arhan berhasil memanfaatkan bola muntah dari kiper Sunny yang ditembakkan Witan Sulaeman, Indonesia pun berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Pada menit 90′ waktu perpanjangan, Singapura mendapatkan peluang emas setelah pemain Singapura Shawal Anuar dijatuhkan di dalam kotak penalty yang membuat wasit memberikan hadiah penalti untuk Singapura. Sayangnya, tendangan Faris Ramli sang algojo di titik putih berhasil digagalkan Argawinata dan skor imbang pun bertahan hingga pluit panjang dibunyikan.

Dimenit 91 babak ekstra time, pemain pengganti Singapura, Shawal Anuar melakukan kesalahan fatal dengan gol bunuh diri yang mengakibatkan timnas unggul 3-2.

Setelah Singapura hanya diperkuat 9 pemain, Evan Dimas cs pun makin gila menggempur lini pertahanan Singapura dengan penguasaan bola 60 persen dan total tendangan indonesia 35 dan 10 tendangan diblok kiper Singapura Sunny.

Eggy Vikri pemain timnas yang bermain di tim elite Eropa itupun menutup kemenangan timnas 4-2 atas Singapura. Makin apesnya, Sunny kiper Singapura yang berjibaku mempertahankan jala gawang diberikan kartu merah oleh pengadil lapangan setelah melanggar Irfan Jaya di menit akhir babak kedua ekstra time.

Hingga pluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah dan memastikan timnas Indonesia mengambil jatah satu tiket ke final AFF untuk bertemu antara Thailand dan Vietnam yang baru bertemu di semifinal leg kedua yang akan berlangsung, Minggu, 26 Desember 2021 malam nanti. (Pra)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: