Salurkan 200 Tabung Oksigen, KADIN Indonesia Komitmen Tanggulangi Covid-19 di Provinsi Babel


Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Penyaluran bantuan 200 tabung yang tersebar ke seluruh daerah di Provinsi Bangka Belitung merupakan bentuk komitmen Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam membantu pemerintah menanggulangi penyebaran dan kematian akibat Covid-19.

Wakil Ketua Kadin Bangka Belitung bidang Industri Kreatif, Wahyu Gusna mengatakan KADIN Indonesia bersama KADIN Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan bhakti KADIN dalam solusi penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung.

“Alhamdulillah selama ini Kadin Komitmen memerangi Covid-19, sebelumnya kita ada vaksin gotong royong yang dilakukan oleh Kadin dan InsyaAllah kami rapat kemarin akan lakukan Vaksinasi massal lagi,” kata Wahyu didampingi Ketua Kadin Basel H Rudy usai penyaluran 30 tabung oksigen ke Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Selasa, 7 September 2021.

Wahyu mengatakan selain distribusikan 30 tabung oksigen ke Pemkab Bangka Selatan, KADIN Provinsi Bangka Belitung juga menyalurkan 200 tabung oksigen yang tersebar di enam kabupaten dan kota di Provinsi Bangka Belitung.

“Ada 200 tabung oksigen dalam 3 hari ini yang didistribusikan Kadin Indonesia melalui Kadin Bangka Belitung untuk kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung,” ungkap dia.

Ia menuturkan, untuk di daerah Pulau Bangka, RSUD Bangka Selatan dan Bangka Barat masing-masing mendapatkan 30 tabung oksigen, RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang 10 tabung, sedangkan RSUD Bangka Tengah 15 tabung dan RSUD Depati Bahrin Bangka 10 tabung.

“Kalau untuk Pulau Belitung telah kita distribusi 80 tabung oksigen, masing-masing RSUD Belitung dan Beltim mendapatkan 40 tabung,” jelas dia.

Menurut dia, jumlah tabung oksigen untuk kabupaten di Pulau Belitung memang lebih banyak dibanding kabupaten kota di Pulau Bangka dikarenakan ketersediaan tabung oksigen di Pulau Belitung lebih susah didapatkan disebabkan jarak dan waktu.

“Karena di Pulau Belitung agak susah ketersediaan tabung oksigen jadi kita kasih 40 tabung ke Kabupaten Belitung dan 40 tabung ke Kabupaten Belitung Timur dan yang lainnya kita distribusi ke seluruh RSUD yang ada di Pulau Bangka,” ujar dia. (Pra)