HUT ke-258 Kota Sungailiat Wujudkan Bangka Inovatif dan Keren

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka menggelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke-258 Kota Sungailiat, di Gedung Mahligai DPRD Bangka, Sabtu (27/4/2024).

Mengusung tema “Dengan Semangat HUT ke-258 Kota Sungailiat Kita Wujudkan Bangka Inovatif dan Keren”. Tema tersebut bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, meningkatkan, menghormati, dan mengembangkan inovasi, memperluas informasi semangat kerjasama dan budaya yang hebat menuju Kabupaten Bangka berdaya saing menuju kemakmuran bersama.

Ketua DPRD Bangka, Iskandar menyampaikan, dalam kurun waktu 258 tahun lamanya bukan waktu yang singkat untuk dilalui. Berbagai rintangan, hambatan dan gejolak dari generasi ke
generasi kepemimpinan dalam pembangunan Kota Sungailiat.

“Ini menandakan bahwa pertambahan usia tersebut mengisyaratkan bahwa kota yang kita cintai ini sudah cukup tua dan telah banyak mengalami perubahan dan kemajuan,” kata Iskandar.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak seluruh komponen penyelenggaran pemerintahan dan masyarakat menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Sungailiat ini sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kota Sungailiat.

 

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Bangka dapat kita atasi bersama,” ucapnya.

Pihaknya juga menyadari bahwa pembangunan yang
dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bangka merupakan hasil dari proses pembangunan yang berkesinambungan dan kedepannya harus lebih terintegrasi peran antara pemerintah (birokrasi), sektor swasta, masyarakat dan akademisi.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris berharap peringatan Hari Ulang Tahun Ke-258 Kota Sungailiat ini menjadi titik lahirnya budaya perubahan, yakni berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik.

“Insya Allah akan mengantarkan kita ke kondisi dan situasi yang lebih baik. Sudah saatnya kita membangun kota ini dengan kerjasama, meninggikan kecerdasan, kebajikan, kreativitas, dan budi pekerti yang baik,” katanya.

Pj Gubernur Provinsi Bangka Belitung melalui Asisten Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Yunan Helmi menyampaikan, Kota Sungaliat telah mengalami banyak kemajuan yang signifikan, baik dari aspek fisik maupun sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.

Selain itu, juga terjadi peningkatan di berbagai bidang, seperti peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan fasilitas masyarakat lainnya guna memacu pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat Kota Sungailiat semakin maju dalam pola berfikir, semakin kreatif, mandiri dan mampu menjalin relasi sosial dengan baik serta sanggup beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan dukungan seluruh komponen masyarakat dengan azas kebersamaan dan sinergi, pembangunan akan terus berjalan dengan lancar,” katanya. (adv/mah)