Peringati HUT ke-258 Kota Sungailiat, Pemkab Bangka “Nganggung” Bersama

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar acara “Nganggung” Bersama, di Gedung Sepintu Sedulang, Sabtu (27/4/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris mengatakan, acara tersebut masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-258 Kota Sungailiat yang jatuh pada 27 April 2024.

Haris mengatakan bahwa Nganggung merupakan salah satu tradisi masyarakat Pulau Bangka yang sudah turun temurun.

Dimana Nanggung ini membawa makanan di dalam dulang dan ditutupi tudung saji serta dibawa dengan cara dianggung atau dipapah menuju masjid ataupun menuju suatu hajatan.

“Nganggung Sepintu Sedulang ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan antara pejabat dengan masyarakat serta melestarikan tradisi, adat istiadat dan budaya masyarakat Pulau Bangka yang sudah turun temurun,” kata Haris.

Dengan kegiatan Nganggung ini juga, sambung Haris, dapat bersama-sama merasakan suka cita dalam memeriahkan HUT Kota Sungailiat.

“Tentunya diharapkan dapat menyambung tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan,” harapnya.

Dalam memeriahkan HUT Kota Sungailiat ini berbagai macam kegiatan dilaksanakan, termasuk khataman Al-Qur’an yang dilakukan oleh 258 santri di Masjid Agung Sungailiat hari ini. (mah)