Warga Pesaren Ucapkan Terimakasih Kepada BPJ

BELINYU, LASPELA– Warga Desa Pesaren mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI, Bambang Patijaya yang sudah merespon keinginan mereka. Sudah bertahun lamanya, warga Pesaren mengeluhkan jalannya yang rusak akibat abrasi pantai.

Menurut warga, percuma saja memperbaiki jalan, namun penyebab utamanya masih saja terjadi. Tingginya gelombang air laut ditengarai menjadi penyebab utama pengikisan jalan.

Satu-satunya solusi kata warga adalah dibangunnya talud pemecah ombak.

Gayungpun bersambut, talud pemecah ombak dalam waktu dekat akan segera dibangun.

Adalah sosok Bambang Patijaya yang meneruskan perjuangan tersebut. Bahkan anggota wakil rakyat Senayan ini yang berjibaku mendapatkan anggaran proyek pembangunan talud pemecah ombak desa Pesaren.

Ditemui usai kegiatan sosialisasi rencana pembangunan pemecah ombak di desa Pesaren Belinyu Kabupaten Bangka baru-baru ini, BPJ sapaan akrab Bambang Patijaya mengisahkan dari hasil resesnya tahun 2019 lalu, didapati warga sangat membutuhkan talud pemecah ombak untuk menekan abrasi akibat tingginya air laut.

Dari reses itu pula, pihaknya kata BPJ melakukan pengawalan serta menyurati direktorat jenderal sumber daya air untuk segera membangun proyek pemecah ombak tersebut.

“Kami juga mengusulkan berapa jarak ideal yang diperlukan dari talud ke perahu. Jangan sampai nanti ketika air laut pasang malah nanti perahu nelayan bisa rusak,” kata BPJ.

Proyek pembangunan talud ini akan dikerjakan Satker SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Bangka Belitung. Bahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) juga hadir dalam kegiatan sosialisasi.

Oleh karena itu kata BPJ, dia mengimbau masyarakat mendukung dan terlibat dalam proses pembangunan Talud Pengaman Pantai sehingga bisa terselesaikan tepat waktu dan dan bisa membantu aktivitas masyarakat desa Pasaren, Belinyu.

PPK Sungai dan Pantai Bangka Belitung, Heru Gunawan Apriandi, S.T mengatakan program ini menggunakan APBN diharapkan dukungan masyarakat agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.
“Dengan ini mari kita bersama-sama mendukung kegiatan ini baik dari segi pengawasan sehingga dengan terlaksanakannya kegiatan ini aktivitas masyarakat terutama nelayan semakin dipermudah,” Harap Heru.

Kegiatan sosialisai selain dihadiri BPJ, PPK Satker SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Bangka Belitung, juga dihadiri langsung tim Dirjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum ,Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung, camat Belinyu dan masyarakat sekitar.(*)