Didikan Hebat dari Orang Tua yang Cermat

Penulis : Rismawati (Mahasiswa Program Studi ilmu Hukum, Universitas Bangka Belitung)

———

Perkembangan zaman yang bisa kita rasakan sampai saat ini membuat sedikit kewalahan bagi mereka yang berkolaborasi dengan maraknya teknologi.

Bagaimana tidak? Orang-orang dihadapkan dengan serba-serbi suatu kecanggihan dari hasil kreativitas mereka sendiri, dan tentu semua ini mengandung unsur positif dan negatifnya.

Terlepas dari semua hal yang memicu datangnya suatu dampak yang dapat kita rasakan, misalnya instannya suatu komunikasi lewat teknologi yang digunakannya memberikan suatu kemudahan bagi penggunanya.

Terkait dengan semua itu, tidak sedikit yang jadi korban akibat dampak negatif yang diakibatkan, terutama sering terjadi pada anak-anak yang dimana seharusnya di usia-usia mereka, masih perlu pemahaman akan suatu didikan yang bisa dimulai dari orang tua, yaitu pendidikan moral atau yang biasa kita sebut dengan didikan adab dari hal terkecil.

Hal ini sangat perlu untuk diajarkan pada anak-anak, apalagi pada zaman saat ini. Sebagai orang tua atau orang yang telah dewasa diatas usia mereka diharapkan bisa membantu proses perkembangan anak.

Sesekali, anak-anak perlu untuk beraktivitas diluar rumah untuk memaksimalkan kreativitas sesuai minat dan bakat si anak, mengasah kemampuan mereka dengan mengajarkan hal-hal yang positif, sehingga meminimalisir hal-hal negatif dari teknologi

Setidaknya bisa mengurangi efek candu dari teknologi tersebut. Perlu pemahaman serta wawasan yang harus diajarkan pada seorang anak guna menunjang perkembangan kreativitas yang akan dihasilkan si anak tersebut.

Ada beberapa tips untuk orang tua yang bisa dicontohkan atau disampaikan atau diajarkan pada anak-anak dalam lingkup hal terkecil yaitu moral (adab) seperti :

  1. Perkenalkan dengan agama. Usahakan untuk memahami suatu pengetahuan tentang agama untuk melatih ketangguhan mental dalam diri seorang anak supaya tidak mudah lengah jika dihadapkan dengan suatu kontra pada dirinya.
  2. Cari suasana yang bisa membuka pikirannya. Suasana yang berdampak positif.
  3. Sesekali ajaklah mereka ketempat yang ingin mereka kunjungi atau membelikan sesuatu yang mereka inginkan, dalam hal ini baik untuk si anak.

Mungkin ada banyak hal lain yang bisa dilakukan. sebagai orang tua, kita sudah seharusnya memberikan perhatian dalam berbagai aspek perkembangan si anak.(**)