Home / BANGKA BELITUNG / Polres Basel berhasil Lumpuhkan “Pembajak” Kotak Suara KPUD di Laut Sadai

Polres Basel berhasil Lumpuhkan “Pembajak” Kotak Suara KPUD di Laut Sadai


Oleh: Nopranda Putra

TUKAKSADAI, LASPELA – Polres Bangka Selatan berhasil menggagalkan aksi pembajak kotak suara saat kapal sewaan KPUD Bangka Selatan menyeberangi laut dari desa penutuk, kecamatan Lepar.

Pantauan awak media, bermula saat kapal nelayan yang disewa oleh KPUD Basel yang membawa kotak dan surat suara dihadang orang tak dikenal atau pembajak untuk mengambil kotak suara hasil pencoblosan di desa Penutuk kecamatan Lepar.

Kapal nelayan yang disewa KPU membawa kotak hasil suara dari PPK Penutuk menuju KPUD Basel personil kapal adalah bhabin dan linmas dengan dikawal oleh Kapal Bhabin Sat Polairud Polres Basel.

Dalam perjalanannya, tiba-tiba dihadang oleh sekelompok orang tidak dikenal dengan menggunakan speed boat dengan maksud dan tujuan merebut kotak suara

Petugas pengawal kapal Bhabin melaporkan kejadian ke Posko dan meminta bantuan. Bantuan datang berupa pasukan 2 perahu karet dan 1 kapal patroli 1502

Sempat terjadi perkelahian diatas kapal KPU dan personil dapat mengamankan kota suara yang direbut oleh pembajak.

pembajak dapat dilumpuhkan dan dibawa ke daratan dan meminta bantua keposko agar mengirimkan pers untk mengamankan pembajak Dan kapal KPUD dapat melanjutkan perjalanan menuju kantor KPUD Basel.

Dalam aksi itu ternyata serangkaian giat simulasi dan gelar pasukan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) operasi mantap praja 2020 Polres Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam rangka pengamanan pilkada serentak di kabupaten Basel 2020.

Berhasilnya giat simulasi Sispamkota ini, Kapolda Babel Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat mengapresiasi aksi pengamanan yang dilakukan Polres Bangka Selatan baik di darat dan di laut.

“Kita lakukan simulasi pengamanan Pilkada baik di darat dan di laut, karena Kabupaten Basel mempunyai wilayah kepulauan yang padat penduduk, tadi kita gelar simulasi pencegahan pembajakan kotak suara di tengah laut,” ucap Irjen (Pol) Anang saat di wawancarai awak media, Selasa (15/9) usai apel pasukan dan simulasi Sispamkota di pelabuhan Sadai.

Sementara itu, Kapolda juga menyebutkan kepada pihak penyelenggara maupun paslon Bupati dan Wakil Bupati dalam pesta demokrasi tersebut untuk menjalani setiap tahapan dengan tenang.

“Polri siap mengamankan itu semua, sehingga kita memberi rasa aman dan nyaman kepada penyelenggara maupun kepada setiap kandidat yang berpartisipasi di Pilkada serentak tahun 2020 ini dengan damai,” tukas Kapolda.

Perwira dengan dua bintang itu, menegaskan pada pesta demokrasi ini ikuti dan jalani sebagaimana mestinya, jangan takut dan kuatir karena TNI/Polri serta instansi terkait siap mengamankan jalannya Pilkada dari awal tahapan hingga perhitungan suara serta pelantikan.

“kita jalani dan ikuti sebaik-baiknya, kita dari TNI/Polri dan instansi terkait siap untuk mengamankan, tidak perlu ada rasa takut dan tidak perlu kuatir,”

“Kalau tahun lalu partisipannya 61,89 persen dan tahun ini semoga bisa naik lagi dan lebih dari itu partisipan pemilih nya agar demokrasi di Basel lebih maju,” tegas Anang seraya mengimbau kepada masyarakat, massa pendukung paslon untuk menjunjung pelaksanaan pilkada aman, damai, tertib, jujur dan sportif. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: