Kabupaten Bangka Sudah Terjadi Transmisi Lokal, Warga Merawang Tambah Daftar Positif Covid-19

SUNGAILIAT, LASPELA — Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka bertambah satu orang. Hingga kini kasus positif Covid-19 tercatat menjadi 3 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan pasien berinisial BSN (32) warga kecamatan Merawang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab.

“Hari ini ada penambahan satu kasus pasien yang positif Covid-19, dengan inisial BSN (32) warga Merawang yang bekerja di PT. A,” ungkapnya, Minggu (3/5/2020).

Dikatakan Boy Yandra, jika sebelumnya BSN sendiri pernah melakukan kontak langsung pasien positif Covid-19 berinisial BE yang merupakan teman kerjanya. BE sendiri dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 22 April 2020.

“Dan hari ini BSN dan satu orang rekannya HN langsung dibawa ke Balai Diklat Provinsi untuk dilakukan karantina. Dan hari Senin besok, kita akan upayakan untuk di tempat kerja BSN masih ada 25 orang akan dilakukan konseling sekaligus pemeriksaan rapid test. Jika tidak ada kendala akan langsung dilakukan pengambilan swabnya,” tegasnya.

Menurutnya Kabupaten Bangka sudah terjadi transmisi lokal yang mana sebelumnya BSN kontak dengan M beserta P yang sudah terlebih dulu terinfeksi virus Corona dan berdomisili di Pangkalpinang.

Sementara untuk kegiatan yang lainnya, kata Boy, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak BPBD Provinsi dan Tim Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka untuk memberikan gelang pemantau kepada semua OTG, mengingat kini penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka sudah meningkat.

“Dengan begitu kita dapat memantau semua OTG kemana saja mereka pergi. Dan saya mengimbau agar masyarakat selalu tetap menjaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, gunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah,” tuturnya. (mah)