Home / BANGKA BELITUNG / Festival Gerhana Digelar 26 Hingga 29 Desember 2019

Festival Gerhana Digelar 26 Hingga 29 Desember 2019

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Festival Gerhana Pantai Terentang III kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan digelar selama empat hari mulai tanggal 26 hingga 29 Desember 2019. Berbagai Rangkaian Kegiatan spektakuler akan digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Terentang III, diantaranya Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC), Lomba Foto GMC, Festival Kuliner, bakti sosial, dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Gerhana Matahari Cincin (GMC), merupakan fenomena alam yang terjadi saat bumi, bulan, dan matahari berada dalam satu garis lurus.

Bupati Bangka Tengah (Bateng), H. Ibnu Saleh, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk memperkenalkan Pariwisata Bateng, dan Ibnu mengajak warga untuk mengikuti dan meramaikan kegiatan yang rencana akan berlangsung selama 4 hari tersebut.

“Ayo masyarakat Bateng, ajak keluarga dan teman, serta kabarkan kepada mereka yang di luar Bateng untuk ikut meramaikan kegiatan ini,” kata Ibnu, Minggu (22/12/2019).

Ibnu juga mengajak masyarakat untuk bersama- sama memperkenalkan objek wisata yang ada di Bateng kepada masyarakat yang ada di luar Bateng.

“Kita informasikan kepada mereka melaui berbagai cara, misalnya menggunakan sosial media bahwa Bateng memiliki RTH Pantai Desa Terentang III, Pantai Arung Dalam, Pantai Sumur Tujuh, Danau Kaolin, Pulau Ketawai, Pantai Tapak Hantu, Pan Semujur, Hutan Mangrove Kurau, Hutan Pelawan Namang, Air Terjun Sadap, Air Terjun C2, dan Pantai Tanjung Berikat, yang unik dan menarik untuk di kunjungi,” jelas Bupati Ibnu.

Ketua Penyelenggara kegiatan Festival Gerhana Pantai Terentang III, Basrin, menjelaskan bahwa Bateng menjadi salah satu dari 12 Provinsi yang terkena GMC sebagian, yakni 80 – 90% bukan gerhana total. Fenomena GMC sebagian itu akan terjadi pada Tanggal 26 Desember 2019, sekitar pukul 10.36 Wib, dan puncaknya pukul 12.33 Wib, dan berakhir pada pukul 14.23 Wib.

“Kami akan membagikan kacamata khusus kepada masyarakat yang hadir secara gratis,” kata Basrin.

Jadwal Festival Gerhana Terentang III, melihat GMC bersama Bupati dan foto gerhana tanggal 26 Desember 2019. Kemudian tanggal 26 hingga 29 Desember melaksanakan Pelayanan Kesehatan Gratis, Penanaman Pohon, Festival Kuliner, Pameran Foto Gerhana, Hiburan, Bazar Kaki Lima, Pemutaran Film Dokumenter GMT, Pokdarwis Bateng Expo, dan Jalan Sehat.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: