Home / BANGKA BELITUNG / BKDSDMD Bangka Tutup Latsar CPNS, Mulkan: PNS Harus Memiliki Etos Kerja yang Tinggi

BKDSDMD Bangka Tutup Latsar CPNS, Mulkan: PNS Harus Memiliki Etos Kerja yang Tinggi

SUNGAILIAT, LASPELA — Badan kepegawaian dan sumber daya manusia daerah (BKSDMD) Kabupaten Bangka menggelar acara penutupan pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) golongan III dan II, di hotel Manunggal Sungailiat, Selasa (10/12/19).

Untuk pelatihan dasar tersebut dilakukan secara bertahap dan dibagi menjadi tujuh angkatan, untuk golongan III dibagi menjadi lima angkatan, dan golongan II dibagi menjadi dua angkatan, dengan jumlah peserta 244 orang yang terbagi atas golongan III sebanyak 182 orang dan golongan II sebanyak 62 orang.

Ketua BKDSDMD Bangka, Baharita mengharapkan dengan adanya pelatihan dasar tersebut agar kedepan para peserta mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kegiatan pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan karakter dan memiliki kebangsaan dan kepribadian serta etika PNS sesuai dengan bidang tugasnya agar mampu melaksanakan tugasnya selaku pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Seluruh peserta mendapatkan materi pelatihan selama 511 jam pelajaran, dengan pemateri dari pejabat dan widiasuara babel, pejabat pemkab bangka, bpkp babel, sekolah polisi negara, dan bnn bangka.

Dari 242 peserta yang dinyatakan lulus setelah mengikuti berbagai tes CPNS, ada 2 peserta yang masih ditunda kelulusannya dikarenakan belum melaksanakan seminar evaluasi karena orangtua meninggal dunia.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan mengucapkan selamat kepada peserta CPNS yang lulus karena menurutnya dengan lulus PNS berarti sudah menunjukan menjadi yang terbaik.

“Seseorang ingin menjadi PNS atau ASN itu harus memiliki pendidikan dasar ini. Kami atas nama pemkab dan selaku kepala daerah mengucapkan selamat kepada anak anak kami yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan dasar ini. Ini semuanya adalah yang terbaik meskipun ada yang lebih baik lagi, Karena dengan lulusnya CPNS dan lolos menjadi PNS maka kalian sudah menjadi terbaik. Dan nanti setelah dilantik barulah menjadi PNS yang sebenarnya,” ungkap Mulkan.

Ia juga mengatakan bahwa seorang PNS harus memiliki pemikiran yang cerdas serta etos kerja yang tinggi sehingga mampu menjadi PNS yang berkualitas.

“Bagi anak-anak nanti akan dilantik menjadi ASN. Saya berpesan cintailah pekerjaan sehingga ada rasa memiliki pekerjaan kita. Karena jadi PNS sekarang ini bukanlah gampang. Dan kita sangat dituntut saat ini untuk memiliki pemikiran yang cerdas dan etos kerja yang tinggi. Mudah mudahan cpns baru ini menjadi PNS yang berkualitas. Karena kita menghadapi tantangan yang sangat berat tanpa kreatifitas dan inovasi jangan harap mendapat prestasi,” tuturnya.

Untuk itu pihaknya mengharapkan agar kedepan para PNS tersebut mampu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Karena tujuan dari PNS adalah melayani masyarakat dengan sebaik baiknya jadi bukan hanya mengambil jabatan semata. Bahkan di antara adik adik ini juga ada yang berasal dari luar bangka demi mendapatkan pekerjaan pns di daerah ini,” ujarnya.

Mardianto salah satu peserta mengaku bersyukur bisa lulus tes CPNS ini, karena hal tersebut menjadi suatu kebanggan tersendiri.

“Kebanggaan bagi saya bisa mewakili dari teman teman. Merupakan suatu kebanggan bisa mengikuti pelatihan ini, karena secara tidak langsung kita merupakan putra putri terbaik,” ungkapnya. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish