Home / BANGKA BELITUNG / Pertahankan Predikat WTP, Pemkab Bangka Lakukan Pengecekan Fisik Kendaraan Dinas

Pertahankan Predikat WTP, Pemkab Bangka Lakukan Pengecekan Fisik Kendaraan Dinas

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melakukan pengecekan fisik seluruh kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat yang ada di seluruh OPD.

Pengecekan kendaraan tersebut dilakukan untuk mempertahan opini predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk tahun 2019.

Kabid Aset Badan Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka, Trisno mengatakan kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua minggu secara bergantian tiap OPD.

“Pengecekan ini sudah dilaksanakan beberapa hari lalu, sampai saat ini sudah 11 OPD yang kita cek, dan sampai sejauh ini kendaraan dinas ini tidak ada yang hilang,” ungkapnya.

Pengecekan tersebut dilakukan di depan kantor Bupati Bangka, Trisno mengatakan ada beberapa kendaraan yang tidak bisa dihadirkan dikarenakan rusak.

“Memang ada yang rusak dan tidak bisa dihadirkan, kita minta fotonya. Jadi tidak mengada-ada dan memastikan kendaraan kita benar-benar ada. Jika data induk kita 100 jadi fisiknya juga harus 100,” terang Trisno.

Ia juga mengatakan hingga saat ini tidak ada kendaraan dinas yang dialih fungsikan, hanya saja jika sudah rusak maka pihaknya akan melelang kendaraan tersebut.

“Biasanya setiap 10 tahun dan jika ada yang rusak, maka kita lelangkan seperti tahun lalu. Tapi tergantung anggaran kita juga, kalau masih bisa difungsikan, kita masih gunakan,” tambahnya.

Dikatakan Trisno, dari banyaknya kendaraan dinas tersebut sekitar 10 persen kendaraan yang menunggak bayar pajak karena keterbatasan anggaran.

“Jumlah kendaraan kita totalnya ada ribuan, makanya kita harap pemegang kendaraan dinas bisa untuk membayar pajak secara mandiri,” harap Trisno.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin meminta para pemegang kendaraan dinas untuk senantiasa menjaga kendaraan yang sudah dipinjamkan Pemkab Bangka tersebut.

“Kendaraan inikan dipakai untuk membantu kita dalam bekerja, jadi dijaga aset kita ini, jangan sampai ada pencatatan tapi tidak ada barangnya. Kita mau akhir tahun penilaian dari BPK, kita harapkan aset dan pelaporan baik, untuk bisa mempertahankan predikat WTP,” harapnya.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish