Home / BANGKA BELITUNG / Tak Lama Lagi Dukcapil Bangka Selatan Akan Siapkan Anjungan Dukcapil Mandiri

Tak Lama Lagi Dukcapil Bangka Selatan Akan Siapkan Anjungan Dukcapil Mandiri

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan menganggarkan mesin pencetak kependudukan atau yang bernama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang merupakan terobosan baru dari Ditjen Dukcapil, Kemendagri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Benny Supratama mengatakan, mesin ADM tersebut baru bersifat disosialiasasikan, namun kedepan akan segera diajukan pengganggaran mesin tersebut.

“Kita tunggu sosialiasasi lebih lanjut, Insya Allah kedepannya kita ajukan penganggaran mesin ADM tersebut agar pelayanan kita ke masyarakat lebih optimal, cepat dan akurat,” katanya, Kamis (21/11).

Menurut dia, dengan adanya mesin ADM tersebut berfungsi bagi masyarakat untuk pencetakan e-KTP dengan mudah dengan mesin yang mirip dengan mesin ATM tersebut.

“Masalah kekurangan maupun kekosongan blanko sekarang ini kan masih menjadi kendala utama kita, semoga adanya mesin ADM ini nanti bisa cetak e-KTP dengan cepat,” ujarnya.

Selain mencetak e-KTP, dijelaskan Benny Kegunaan mesin ADM nantinya juga masyarakat bisa mencetak sendiri Kartu Indentitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, KK atau akta kematian.

“Terkait hal tersebut, jika mesin ADM sudah ada nanti akan dilakukan sosialisasi langsung ke masyarakat, jadi kita tunggu dulu sosialisasi dan launching mesin ADM dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI,” jelasnya.

Ia juga menambahkan dalam waktu dekat ini akan ada rapat koordinasi nasional Dukcapil se-indonesia di Jakarta mengenai sosialisasi mesin tersebut.

“Bisa jadi rakornas ini juga sekaligus sosialisasi dan louncing mesin ADM tersebut, sehingga bisa diketahui berapa harga dan bisa jadi bahan untuk tindakan selanjutnya terkait perencanaan berapa kebutuhan mesin dan anggaran yang perlu disiapkan,” terangnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish