Home / BANGKA BELITUNG / Bangka Tengah Raih Peringkat 2 Penghargaan Swasti Saba Padapa

Bangka Tengah Raih Peringkat 2 Penghargaan Swasti Saba Padapa

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), meraih penghargaan Kabupaten Sehat, Swasti Saba Padapa Kabupaten/ Kota Sehat Tahun 2019, penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, bersama dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, Kepada Bupati Bateng, H. Ibnu Saleh, dalam acara yang digelar di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian Dalam Negeri kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

Menkes Terawan mengatakan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial, yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi, dan setiap orang berhak atas kesehatan, atas lingkungan yang sehat, sebagaimana menjadi amanat Undang- Undang Kesehatan.

“Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat merupakan kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,” kata Terawan.

Mendagri Tito mengungkapkan bahwa topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi.

Bateng merupakan satu dari 177 Kabupaten/ Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, dan Bateng termasuk ke dalam 60 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Padapa, dengan menempati peringkat Terbaik ke- 2.

Bupati Ibnu mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan kebanggaan dari seluruh masyarakat Bateng, dan penghargaan yang didapatkan hari ini merupakan hasil dari semangat bekerja dan kepedulian masyarakat dalam mengawasi pembangunan yang ditunjukkan dalam membangun Bangka Tengah Semakin Unggul.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan seluruh masyarakay Bateng, penghargaan yang telah diterima ini bukan untuk membuat kita lengah, melainkan sebagai motivasi kita untuk mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi lagi, baik dari bidang kesehatan, ataupun dari bidang lainnya yang dapat dicapai oleh Kerja Keras dan Kebersamaan Bangka Tengah kedepannya,” ungkap Ibnu.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish