Home / BANGKA BELITUNG / Kembangkan Pelabuhan Di Sektor Wisata, IPC Dukung Pemerintah Daerah

Kembangkan Pelabuhan Di Sektor Wisata, IPC Dukung Pemerintah Daerah

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Tanjungpandan terus berupaya meningkatkan pembangunan pelabuhan menjadi lebih baik, salah satunya meningkatkan pelabuhan dalam sektor pariwisata.

Hal tersebut juga mendukung program pemerintah Kabupaten Belitung dalam memajukan sektor pariwisatanya. Dalam hal ini IPC cabang Tanjungpandan mengembangkan public area di kawasan Lini II pelabuhan.

ADGM Sistem Informasi IPC Cabang
Tanjungpandan Muqham Elsafad mengatakan nantinya ditepi laut kolam akan dibangun spot foto, track joging, dengan pemandangan kapal yang sedang bongkar muat.

“Terkait pengembangan IPC cabang Tanjungpandan ini kita arahnya ke sektor pariwisata, karena dalam mendukung program pemerintah daerah, lini 1 itu untuk daerah terbatas sementara lini 2 itu untuk public area,” ucapnya pada awak media, Senin,(07/10/2019).

Tak hanya itu, di area tersebut juga akan dibangun lokasi kuliner berkonsep pelabuhan yang ditujukan bagi wisatawan lokal maupun internasional nantinya.

“Sebenarnya kita buat kawasan wisata ini untuk masyarakat Belitung yang ingin melihat proses bongkar muat kapal, kalo sore-sore kan biasanya anak-anak kecil suka liat kapal gitu, dari pada cuma ngintip lewat pagar mending kita buat public areanya, jadi tempat rekreasi gitu,” ungkap Elsa.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengembangan public area tersebut ke arah terminal penumpang sampai area KJUB.

“Dikarenakan jalan sepanjang KJUB ini pasif tidak terlalu digunakan jadi dikembangkan di arah sini untuk spot-spot wisata untuk masyarakat ataupun ada wisatawan dari luar daerah nantinya,” tuturnya.

Ia mengatakan, setidaknya pembangunan tersebut akan selesai pada akhir tahun ini. Yang dimana pengerjaannya sudah mulai digarap sejak sekarang.

“Kita tergetkan akhir tahun ini selesai, dan akses masuk nantinya tetap dari gate lini 2, dan untuk biaya masuk sementara ini masih sama seperti biasa,” ucapnya. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish