Home / BANGKA BELITUNG / Sepanjang September 2019, Karhutla Di Bangka Terjadi Di 74 Titik

Sepanjang September 2019, Karhutla Di Bangka Terjadi Di 74 Titik

SUNGAILIAT, LASPELA — Sepanjang September 2019 dari tanggal 1 hingga 23 sudah 74 titik kebakaran yang ditangani oleh pihak Damkar Kabupaten Bangka. Bahkan dari tanggal 1 hingga 16 september 2019 saja terdata 59 titik yang ditangani dengan luas mencapai 215,75 hektar.

Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran satpol PP Bangka, Ahmad Fauzi mengatakan jumlah tersebut merupakan lokasi yang ditangani oleh pihaknya.

“Jumlah itu yang dilaporkan masyarakat dan sudah kita tangani, mungkin jumlah kebakaran di daerah kita lebih dari ini,” ungkapnya, Kamis (26/09/19).

Ia mengatakan beberapa titik kebakaran merupakan lokasi yang sama dan terjadi berulang-ulang meskipun diwaktu berbeda.

“Memang ada di titik-titik tertentu kejadiannya berulang ditempat yang sama, misalnya hari ini sudah kita padamkan tapi beberapa hari kemudian kebakaran lagi,” tambahnya.

Fauzi menerangkan lokasi yang sering terjadi kebakaran di kabupaten bangka ada disepanjang jalan lintas timur. Bahkan pihaknya harus terus siaga tiap hari dan menjadi perhatian serius.

“Yang paling sering terjadi (kebakaran) ini di lintas timur, bahkan sudah 40an hektar lahan di sana habis terbakar,” terangnya.

Meski demikian, Ia mengaku bersyukur karena beberapa hari terkahir ini untuk pertama kalinya sejak musim kemarau tidak ada laporan kebakaran.

“Alhamdulillah sejak hujan beberapa hari lalu tidak ada laporan kebakaran lagi, mudah-mudahan memang tidak ada lagi kejadian,” harap Fauzi.

Pihak Pol PP juga kata Fauzi sangat mengapresiasi kebijakan Bupati dan juga pihak kepolisian yang begitu mensupport keberadaan damkar dalam mengatasi kebakaran. Dan pihak kepolisian juga tampak serius membantu. Hal ini kata Fauzi dapat dilihat dari tertangkapnya satu orang diduga pelaku pembakaran lahan di Bangka baru-baru ini.

“Emang kebakaran ini tidak lain karena ulah manusia. Bupati kita sangat serius mengenai kebakaran ini,” pungkasnya.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish