Home / BANGKA BELITUNG / Pemprov Babel Kerjasama Pemanfaatan Kawasan Hutan dengan PT Wira Hutan Bangka

Pemprov Babel Kerjasama Pemanfaatan Kawasan Hutan dengan PT Wira Hutan Bangka

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Dinas Kehutanan Provinsi Babel, menjalin kerjasama dengan PT. Wira Hutan Bangka, mengenai Pemanfaatan Kawasan Hutan, pada Hutan Produksi Kotawaringin, Kabupaten Bangka, Provinsi Babel.

Sebagai tindaklanjut kerja sama itu, Senin (23/9/2019) sore, di Ruang Romodong, Kantor Gubernur Babel, kedua belah pihak yakni Pemprov Babel diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar, dan Direktur PT. Wira Hutan Bangka Manish Ishwar Nathani, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU dengan nomor 522/Dishut/02/MoU/WHB tersebut, dihadiri Marwan selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Babel beserta perakilan OPD terkait di lingkup Pemprov Babel.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman, dalam sambutan singkatnya mengatakan, kerja sama ini diharapkan nantinya membawa dapak kesejahteraan bagi masyarakat Babel, khsusnya bagi masyarakat sekitar pendirian perusahaan PT. Wira Hutan Bangka.

“Saya paraf dulu, nanti pak Gubernur yang menandatangani. Pada intinya, kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya kerja sama ini. Dengan adanya MoU ini, minimal dapat mensejaterakan masyarakat Babel, karena dengan membuka lahan 1.900 hektar akan menyerap tenaga kerja dan PAD bagi kita, atau ada ha-hal lain dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat kami,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lajut Yanuar, Pemprov Babel, sangat senang dengan adanya investasi di Babel. “Kalau tanaman jagung, 3 bulan sudah menghasilkan,” kata Yanuar.

Sementara itu, Direktur Operasional PT. Wira Hutan Bangka Erwin, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Babel dan Pemprov Babel atas dukungannya terhadap MoU ini.

Dengan adanya MoU ini, mudah-mudahan, kata Erwin, dapat meningkatkan perbaikan dan peningkatan perekonomian serta insfrastuktur dan penyerapan pendapatan asli daerah.

“Kita sering diskusi, konsep awal memberdayakan masyarakat. Mohon diingatkan jika kami ada salah pada saat operasional,” harap dia.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Babel, Marwan menjelaskan, PT. Wira Hutan Bangka bergerak di bidang pangan, dan nantinya akan membuka lahan seluas 1.900 hektar dan berusaha menanam Jagung.

MoU Pemprov Babel dengan PT. Wira Hutan Bangka, lanjut Marwan, nantinya akan dibawa ke Kementerian Kehutanan. “Hari ini (kemarin-red), MoU akan dilakukan untuk salah satu kelengkapan dokumen,” imbuhnya.rill/(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish