Home / BANGKA BELITUNG / Sanem Lepas 120 Jamaah Calon Haji Kabupaten Belitung

Sanem Lepas 120 Jamaah Calon Haji Kabupaten Belitung

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNG PANDAN, LASPELA- Bupati Belitung H Sahani Saleh lepaskan keberangkatan 120 Jama’ah calon haji Kabupaten Belitung, Kamis(11/07/2019).

Sanem sapaan akrab Bupati berharap Jama’ah selalu sehat, selamat sampai tujuan dan kembali ke Belitung dengan keadaan sehat dan Haji yang mabrur.

Jumlah jama’ah Haji Kabupaten Belitung untuk pemberangkatan tahun 2019 atau 1440 Hijriah terdiri dari 119 orang dari lima kecamatan, dan 1 orang petugas tim pemandu haji daerah(TPHD) jadi total berjunlah 120 orang.

92 orang dari Kecamatan Tanjungpandan, 9 orang Kecamatan Sijuk, 16 orang Kecamatan Selat Nasik, 1 orang Kecamatan Membalong, dan 2 orang Kecamatan Badau.

120 orang jamaah haji tersebut akan di berangkatakn pada Sabtu(13/07/2019) menuju Palembang dan dari embarkasi Palembang selanjutnya menuju tanah suci Mekkah Almukarommah.

Dan untuk jadwal pemulangan jama’ah haji Kabupaten Belitung dari Jeddah pada tanggal 23 Agustus 2019, dan tiba di Indonesia 24 Agustus 2019.

Bupati pun mengingatkan jama’ah untuk dapat benar-benar memanfaatkan kesempatan berangkat haji pada tahun ini, karena tidak semua dapat kesempatan menunaikan ibadah haji.

“Syukurilah anugerah kesempatan yang telah diberikan dengan benar-benar memanfaatkan momentum ini untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke lima, sesuai dengan bimbingan manasik haji yang telah diikuti sebelumnya,”ujar sanem.

Kepala Staf urusan Haji Kabupaten Belitung Novarianto berharap jama’ah haji Kabupaten Belitung setelah tiba di tanah suci nanti agar dapat mendoakan saudara-saudara di tanah air Indonesia.

“Kami juga mengharapkan doa dari lapisan masyarakat semoga jama’ah haji diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT selama menunaikan ibadah Haji di tanah suci nantinya, dan kembali dapat menjadi haji yang mabrur,” tuturnya

Semantara Suyanto Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Belitung mengatakan agar jama’ah lebih mempersiapakan lagi mental spiritual untuk tetap mempelajari ilmu manasik haji yang kemarin telah di berikan.

“Pelajari lagi rukun-rukun hajinya, larangan-larangan yang tidak di bolehkan di sana nantinya, dan alhamdulillah semua jama’ah haji kita dalam keadaan sehat dan sudah mendapatkan kartu kesehatan jama’ah haji, yang tadi sudah kita bagikan,” paparnya

Ia menjelaskan di kartu kesehatan yang di bagikan tersebut sudah tertera jama’ah haji penderita sakit apa sebelumnya dan biasa mengkonsumsi obat apa sebelumnya, hingga jika terjadi sesuatu sudah terdeteksi sejak dini penyakit apa. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish