Home / BANGKA BELITUNG / Tradisi Nganggung Cerminkan Budaya Bangka

Tradisi Nganggung Cerminkan Budaya Bangka

Oleh : Mahfur Wartawan Laspela

SUNGAILIAT, LASPELA –– Adat nganggung dipersembahkan panitia Bangka Bike Festival 2019 kepada para riders dari seluruh Indonesia di hotel Tanjung Pesona, Sabtu (28/6/2019).

Adat nganggung merupakan budaya Bangka yang selalu menjadi tradisi turun temurun dan merupakan penghormatan kepada tamu undangan.

“Nganggung ini salah satu adat budaya masyarakat provinsi kepulauan Babel khususnya di Kabupaten Bangka, jadi harus kita perkenalkan kepada para wisatawan agar mereka tahu bahwa Nganggung ini merupakan adat budaya masyarakat Bangka yang harus dipertahankan dan di junjung tinggi,”ungkap Bupati Bangka Mulkan.

Ia menjelaskan kebersamaan dalam tradisi ini menghilangkan sekat, ras, maupun etnis didalam kultur sosialnya. Semuanya membaur menjadi satu demi menjaga rasa kebersamaan tersebut.

“Kita duduk bersama, makan bersama, dan di dulang yang sama, ini menggambarkan bahwa disini kita satu yaitu masyarakat, yang menjunjung tinggi perbeda’an tanpa melihat jabatan, suku dan agama,” jelasnya.

Mulkan juga mengharapkan kepada para riders dan wisatawan agar dapat menceritakan kepada teman dan keluarganya di masing-masing daerah tentang adat budaya masyarakat Bangka satu ini.

“Salah satu yang menjadi ciri khas masyarakat budaya Bangka ini adalah masyarakatnya ramah tamah dan juga memiliki rasa toleransi yang tinggi,” imbuhnya. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: