Home / BANGKA BELITUNG / Abdul Fatah Optimis Belitung Bisa Raih Unesco Global Geopark

Abdul Fatah Optimis Belitung Bisa Raih Unesco Global Geopark

Oleh: Andini Dwi Hasanah Wartawan Laspela

TANJUNG PANDAN, LASPELA- Pulau Belitung selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menyajikan beragam pantai serta bebatuan nan indah. Namun, dibalik keindahan yang disajikan oleh Pulau Belitung, belum cukup mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Pulau Laskar Pelangi tersebut.

Melihat hal ini, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung bersinergi untuk membuat Pulau Belitung sebagai UNESCO Global Geopark(UGG). Pulau Belitung sudah menyandang status sebagai Geopark Nasional, namun pada tahun 2020 harapannya Belitung sudah menyandang UGG.

Untuk itu, salah satu cara menarik wisatawan luar negeri untuk berdatangan ke Pulau Belitung, dengan membuat Geopark Nasional Belitong menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Program Unesco Global Geopark dianggap penting karena bagian dari pemetaan warisan dunia yang tujuannya untuk perlindungan dan pengembangan berbasis kearifan lokal.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abul Fatah Optimis Pulau Belitung akan mendapatkan gelar Unesco Global Geopark tersebut.

“Saya Optimis, dengan Geosite-Geosite yang ada di Pulau Belitung kita mampu menantang Geosite yang ada di belahan Indonesia lainnya,” ungkapnya dengan semangat pada Laspela, Jum’at (14/06/2019).

Menurutnya dengan ada beberapa Geosite di Pulau Belitung seperti Nam Salu Open Pit, Bukit Peramun, Pulau Burung, Danau Kaolin, Juru Seberang, hingga Pantai Tanjung Kelayang membuatnya memberikan suatu keyakinan yang tinggi untuk Pulau Belitung menjadi UGG.

Abdul Fatah pun yakin Wisatawan yang nantinya akan berdatangan ke Pulau Belitung akan mencapai great tataran atas dari 10 destinasi Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) tersebut.

“Dengan tercapainya UGG nanti, akan menarik wisatawan dari berbagai belahan Dunia untuk datang berwisata ke Pulau Belitung,” pungkasnya. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish