Home / BANGKA BELITUNG / Gelar Forum Kemitraan, BPJS Kesehatan Pangkalpinang Perkuat Sinergi dengan Pemkab Bangka Barat

Gelar Forum Kemitraan, BPJS Kesehatan Pangkalpinang Perkuat Sinergi dengan Pemkab Bangka Barat

MUNTOK, LASPELA – BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat melaksanakan forum kemitraan guna memperkuat sinergi dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membahas upaya pencapaian Universal Health Coverage di negeri Sejiran Setason.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang OR 1 Sekda Bangka Barat (21/05) dihadiri oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Sosial, Sekretaris Daerah Bangka Barat, dan kepala dinas terkait serta perwakilan BPJS Kesehatan.

Dalam sambutannya Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Soleh mengatakan kegiatan forum kemitraan tersebut merupakan suatu wadah bersama dalam membahas hal-hal terkait pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Bangka Barat.

“Pemerintah Daerah Bangka Barat mengharapkan kegiatan forum ini sebagai wadah bersama terkait hal- hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan Program JKN-KIS, karena program ini baik sekali untuk memastikan jaminan kesehatan terhadap masyarakat. “ ujarnya.

Senada hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Yunan Helmi menuturkan Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu kabupaten yang mendukung kepesertaan JKN-KIS hingga mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Program JKN-KIS merupakan program strategis nasional pemerintah, kami siap mendukung program ini hingga mencapai UHC di Bangka Barat.” kata Yunan.

Sementara itu, Plh. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang Adian Fitria mengharapkan sinergi antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah dapat terjalin semakin baik.

“Pemda dan BPJS Kesehatan perlu menjalin sinergi bersama untuk melakukan advokasi bersama sehingga tujuan dapat tercapai,” ucapnya.

Menurutnya, dukungan Pemkab Bangka Barat sangat strategis terhadap terlaksananya Program JKN-KIS antara lain cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Bangka Barat jaminan kesehatan terhadap kepala desa dan aparatur desa serta upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

“Kami mewakili BPJS Kesehatan ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik yang selama ini terjalin antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan BPJS Kesehatan. Kami yakin dengan kemitraan dan sinergi yang baik, banyak pekerjaan yang dapat kita kerjakan bersama khususnya dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kabupaten Bangka Barat,” ujar Adian.

Sampai saat ini Kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Bangka Barat sejumlah 135.013 jiwa atau 69,19% dari total penduduk sebesar 195.130 jiwa.(rill/dnd)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish