Home / BANGKA BELITUNG / DPPP Atasi Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Daging

DPPP Atasi Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Daging

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Guna mengatasi Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) terhadap harga daging menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menyiapkan operasi pasar.

“Kita masih diskusikan persiapan operasi pasar daging beku ini, yang disiapkan Pemerintah dengan menjual daging beku yang berasal dari Bulog,” kata Kabid ketahanan pangan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Fitri Laila, Senin (20/5).

Menurutnya, operasi pasar daging beku dilakukan dengan melihat fluktuasi harga daging sapi jelang hari raya Idul Fitri di daerah setempat.

“Masalah stok dipastikan cukup, hanya persoalan harga yang biasanya diatas batas kewajaran, antisipasinya kita lakukan operasi pasar daging beku,” ujarnya.

Ia mengatakan, harga daging beku dalam operasi pasar nantinya dipastikan dengan harga wajar, yakni Rp 80.000 per kilogram. “Sementara harga daging jelang lebaran biasanya berkisar 120 ribu rupiah, saat ini juga sudah diangka itu,” katanya.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan jumlah pasokan daging beku yang disiapkan dalam operasi pasar nantinya. Hanya saja, pihaknya siap menyediakan stok daging beku dalam jumlah cukup banyak guna memenuhi permintaan masyarakat.

“Tahun kemarin hanya 500 kilogram dan dua jam habis, tahun ini kita lakukan pendataan akan permintaan masyrakat, namub pada prinsipnya berapa pun kebutuhan masyrakat pemerintah siap, karena bulog pada prinsipnya berapapun permintaan bulog siap,” tukasnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish